Advertisement

Operasi Digencarkan, Titik Sampah Liar di Jogja Disebut Berkurang

Lugas Subarkah
Jum'at, 11 Oktober 2024 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Operasi Digencarkan, Titik Sampah Liar di Jogja Disebut Berkurang Sejumlah alat berat dikerahkan untuk membersihkan timbunan sampah di depo yang ada di wilayah Kota Jogja belum lama ini. - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Satpol PP Kota Jogja terus menggencarkan operasi yustisi pelanggaran pembuangan sampah liar.

Seiring semakin banyaknya pelanggar yang dikenai sanksi, jumlah titik pembuangan sampah liar pun kini semakin berkurang.

Advertisement

Kabid Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP Kota Jogja, Dodi Kurnianto, menjelaskan sampai saat ini jajarannya masih terus melaksanakan operasi yustisi pelanggaran pembuangan sampah liar yang menyasar di sejumlah titik rawan.

Penangkapan terbaru terjadi pada pekan lalu di ruas Jalan Batikan, Umbulharjo. Pada penangkapan ini Satpol PP Kota Jogja menangkap dua pelanggar, satu orang sudah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Jogja pada Rabu (9/10). “Satu orang lainnya bakal disidangkan pada Senin [14/10],” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (11/10/2024).

BACA JUGA: Suhu di Jogja dan Sekitarnya Terasa Panas, Ini Sebabnya

Pelanggar yang sudah disidang tersebut berinisial MD dan dikenakan sanksi denda sebesar Rp150.000. Ia menjelaskan sanksi ini untuk memberi efek jera bagi pelaku. “Beberapa waktu yang lalu, sanksi denda yang dijatuhkan kepada pembuang sampah liar sebesar Rp50.000,” katanya.

Sepanjang 2024, Satpol PP Kota Jogja menangkap sebanyak 16 orang yang membuang sampah sembarangan. Ia pun melihat dari upaya ini, sudah ada pengurangan jumlah titik sampah liar. “Sudah ada beberapa pengurangan terkait dengan titik-titik pembuangan sampah liar seperti di Jalan Ki Mangunsarkoro kini sudah tidak ada,” katanya.

Selain itu, sampah liar juga sudah tidak muncul di depan Pasar Demangan. Jika masih ada, jumlahnya sangat kecil. “Untuk Demangan sudah tidak ada penumpukan. Kalau ada hanya satu atau dua tas plastik saja,” kata dia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabinet Baru, Jokowi: Nama-Nama Calon Menteri Sudah Dipegang Sekjen Gerindra

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement