Advertisement

BEDAH BUKU: Perkuat Minat Baca, Bekali Publik dengan Wawasan Baru Tengkes

Media Digital
Jum'at, 11 Oktober 2024 - 21:07 WIB
Maya Herawati
BEDAH BUKU: Perkuat Minat Baca, Bekali Publik dengan Wawasan Baru Tengkes Masyarakat mengikuti program bedah buku inisiasi DPAD DIY yang digelar di Blendangan, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Jumat (11/10 - 2024). – ist

Advertisement

SLEMAN—Kegiatan bedah buku inisiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY dan DPRD DIY tidak hanya lekat dengan mendongkrak angka minat baca tetapi juga menambahkan wawasan baru.

Di Blendangan, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Jumat (11/10/2024), masyarakat diajak membedah buku Stunting dan Peran Penting Keluarga dalam Tumbuh Kembang Anak untuk membekali masyarakat akan wawasan penanganan tengkes yang hingga kini masih menjadi masalah bersama.

Advertisement

Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, berpandangan tengkes menjadi permasalahan bersama yang membutuhkan perhatian. Di lapangan, tengkes masih ditemui di beberapa wilayah.

“Tema-tema relevan semacam ini harus dibedah bersama masyarakat untuk meningkatkan wawasan. Simpel tapi tidak berat. Jadi mengangkat yang update,” kata Anton, kemarin. Tema-tema seperti tengkes, Gen Z atau cara mendidik anak harus digalakkan dalam bedah buku.

Harapannya dari bedah buku yang digelar masyarakat punya bekal untuk mengasuh anak dari berbagai macam pandangan. “Kalau bapak ibunya baca otomatis ada pengetahuan tentang tengkes plus anaknya kalau lihat orang tuanya baca pengin juga baca, baik buku yang fisik atau literasi digital di I-Jogja,” ungkap Anton.

BACA JUGA: Jadi Pelatih Baru PSS Sleman, Ini Komentar Mazola Junior

Selain membuat wawasan masyarakat bertambah, kegiatan bedah buku diharapkan dapat mempertahankan angka minat baca DIY yang sebelumnya telah menempati urutan tertinggi di Indonesia.

Pustakawan Ahli Muda DPAD DIY, Trilastiti Suryaningtyas, menjelaskan hingga Oktober ini bedah buku inisiasi DPAD DIY telah diselenggarakan di 200 titik dari 222 sasaran. Tidak hanya meningkatkan minat baca masyarakat, buku yang dibedah diharapkan bisa memberi wawasan baru bagi masyarakat, salah satunya tentang gizi dan nutrisi anak untuk mencegah tengkes.

Selain itu lewat bedah buku ini, Asti juga berharap para peserta mengerti pentingnya peran keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. “Jadi orang tua diharapkan mengerti peran mereka itu apa sih terhadap anak,” tandasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabinet Baru, Jokowi: Nama-Nama Calon Menteri Sudah Dipegang Sekjen Gerindra

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement