Advertisement

SLB N 2 Gunungkidul Buka Suara Ihwal Pemukulan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 11 Oktober 2024 - 13:57 WIB
Ujang Hasanudin
SLB N 2 Gunungkidul Buka Suara Ihwal Pemukulan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus SLB Negeri 2 Gunungkidul. - Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Gunungkidul, Kalurahan Playen, Playen, Gunungkidul akhirnya buka suara ihwal tindak kekerasan atau pemukulan yang terjadi terhadap salah satu siswa oleh guru.

Kepala Sekolah SLB N 2 Gunungkidul, Wantini tidak ingin menjelaskan kronologi pemukulan tersebut. Hanya, dia membenarkan bahwa ada guru yang memukul siswanya yang merupakan anak berkebutuhan khusus (ABK).

Advertisement

“Guru yang bersangkutan telah kami berhentikan sementara sejak Kamis, 10 Oktober 2024. Guru ini juga PPPK, jadi untuk penanganan kami ikuti prosedur kepegawaiannya,” kata Wantini ditemui di sekolahnya, Jumat, (11/10).

Korban saat ini masih menjalani pemulihan pasca trauma. Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) sekolah juga mengajak psikolog dalam melakukan pemulihan tersebut.

Korban yang merupakan disabilitas intelektual tersebut berasal dari Kabupaten Sukoharjo. Hanya, dia sudah tinggal di Gunungkidul sejak sepuluh tahun lalu. Saat ini dia tinggal bersama tantenya.

BACA JUGA: Siswa SLB Negeri 2 Gunungkidul Dipukul Gurunya Pakai Tongkat Satpam, Begini Reaksi Pemda

Pihak keluarga korban tersebut telah melakukan mediasi dengan pelaku. Mediasi didampingi oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Playen dan Genjahan, Kamis, (10/10). Sudah ada kesepakatan bersama kedua belah pihak. Namun, Wantini tidak menyampaikan isi kesepakatan tersebut.

TPPK SLB N 2 Gunungkidul yang didalamnya juga diisi kepala sekolah telah bertemu Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Rabu, (9/10). Pelaku juga memberikan klarifikasi dalam kesempatan tersebut.

“Korban tidak bisa membaca. Mengenali nominal uang tidak tahu. Dia hanya tahu gambar bapak di lembaran uang,” katanya.

Sebelumnya, Tante Korban, Endang Suwartinah mengaku mengetahui kejadian pemukulan tersebut setelah melihat bagian kepala hingga pundak mengalami lebam, begitupun bagian perut.

Pada Selasa (8/10/2024), Endang membawa anak tersebut ke rumah sakit dan melakukan visum. “Anak ini anak saudara ipar saya, dia disabilitas intelektual,” kata Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Tentara Indonesia Jadi Korban Serangan Israel di Lebanon, Begini Kondisinya

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement