Advertisement

Pasar Prawirotaman jadi Pasar Terbaik, Disdag Serahkan Penghargaan ke Pj Wali Kota Jogja

Media Digital
Senin, 14 Oktober 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Pasar Prawirotaman jadi Pasar Terbaik, Disdag Serahkan Penghargaan ke Pj Wali Kota Jogja Penyerahan penghargaan yang diterima oleh Dinas Perdagangan Kota Jogja atas keberhasilan Pasar Prawirotaman sebagai pasar terbaik di Indonesia, Senin (14/10/2024). - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja kembali meraih prestasi lewat Pasar Prawirotaman. Pasar Prawirotaman menyabet sebagai pasar terbaik se-Indonesia pada ajang Lomba Pasar Nasional dalam rangka Hari Habitat Sedunia dan Hari Kota Dunia 2024 yang digelar oleh Direktorat Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sebagai bentuk apresiasi, selain trofi, Disdag Kota Jogja mendapatkan hadiah berupa peralatan kebersihan senilai Rp17,5 juta. Seusai diterima oleh Disdag, penghargaan lantas diserahkan kepada Penjabat Wali Kota Jogja.

Advertisement

Penjabat Wali Kota Jogja, Sugeng Purwanto mengaku mengapresiasi penghargaan yang didapatkan oleh Pasar Prawirotaman.

Menurutnya, salah satu pasar rakyat di Kota Jogja ini pantas untuk mendapatkan penghargaan lantaran lengkapnya fasilitas yang tersedia di dalamnya. “Pasar Prawirotaman sangat layak untuk mendapatkan penghargaan terbaik nasional, yang penting harapan kami ditingkatkan terus prestasi ini. Harus ada jargon inovasi pasar yang tiada henti,” ujar Sugeng saat ditemui di Lantai IV Pasar Prawirotaman, Senin (14/10/2024).

Sugeng mengatakan prestasi berupa penghargaan ini tak lepas dari kerja keras Disdag dalam rangka merevitalisasi pasar tradisional yang ada di Kota Jogja.

Namun, baginya prestasi ini bukanlah titik akhir dan bukanlah tujuan utama. Menurutnya, yang terpenting adalah bagaimana Disdag Kota Jogja berupaya untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Adapun, dari sisi pedagang maupun konsumen sama-sama merasakan keuntungan. Sugeng juga mendorong optimalisasi inovasi di pasar-pasar lainnya di Kota Jogja. “Saya yakin di bawah Disdag, Pemkot Jogja akan menciptakan pasar-pasar yang lain untuk bisa semegah dan sebagus Pasar Prawirotaman,” tuturnya.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani menjelaskan setidaknya ada dua tahap penilaian pada Lomba Pasar ini. Tahap pertama diambil 5 pasar terbaik. Lalu, pada tahap kedua dilakukan presentasi oleh kelima pasar rakyat itu.

Ambar menjelaskan ada banyak aspek penilaian. Di antaranya adalah penilaian dari sisi inovasi, penghargaan, dan peran komunitas di dalam pasar. “Ada juga penilaian terkait dengan aktivias event yang diselenggarakan di dalam pasar, kemitraan dengan pemangku kepentingan, digitalisasi pasar rakyat, pemeliharaan sarana prasarana, hingga pengelolaan sampah,” ujar Ambar, Minggu (13/10/2024).

BACA JUGA: Libatkan Pemuda hingga Pelaku Ekraf, Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Terbaik di Indonesia

Ambar menuturkan beberapa fasilitas di Pasar Prawirotaman turut menyumbang nilai tertinggi. Pasalnya, Pasar Prawirotaman tak hanya sekedar menjadi tempat bertemu dan transaksi antara pedagang dan pembeli.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di Pasar Prawirotaman utamanya di lantai IV. Beberapa fasilitas itu di antaranya adalah co-working space, studi musik, studio siniar, ruang kesehatan, meeting room, mini-lounge, hingga ruang ekonomi kreatif (ekraf) dan food court.

Co-working space dapat digunakan sebagai ruang kerja dari berbagai masyarakat dengan latar belakang yang berbeda. Ini menjadi alternatif ruang, baik untuk individu maupun kelompok yang akan berdiskusi dan berbagi pengalaman.

Sementara, ruang ekraf menjadi inovasi Pemkot Jogja untuk memberikan ruang kepada pelaku ekraf yang kian bertambah. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah layanan virtual office bagi pelaku ekraf yang terkendala lokasi usaha.

Fasilitas lain yang tersedia di lantai IV Pasar Prawirotaman adalah studi musik dan studio siniar yang juga dapat digunakan sebagai studi foto.

Operasional di lantai IV dibuka hingga malam hari. Masyarakat yang datang dapat menggunakan lift yang tersedia di basement pasar. “Di lantai IV Pasar Prawirotaman ada nilai lebihnya. Ada peran pemuda dan pelaku ekonomi kreatif. Jadi salah satu poin penting di dalam kita mendapatkan nilai peringkat tertinggi,” imbuhnya.

Ambar mengatakan revitalisasi Pasar Prawirotaman dilakukan mulai 2019 dan selesai sepenuhnya pada 2020.

Sebelum direvitalisasi, kondisi Pasar Prawirotaman masih sangat tradisional. Kondisi pasar baik di dalam maupun di luar masih kumuh dan belum tertata. Manajemen parkir dan kebersihan pun belum optimal.

Setelah revitalisasi, manajemen operasional hingga manajemen pengelolaan dapat tersusun dengan baik. Upaya revitalisasi Pasar Prawirotaman pun lancar dan hampir tak ada gejolak lantaran adanya komunikasi efektif yang terbangun dengan paguyuban pedagang dan masyarakat.

“Pasar Prawirotaman sudah menerapkan SNI [Standar Nasional Indonesia] yang kami peroleh pada 2022. Audit dilaksanakan setiap 2 tahun sekali untuk melihat komitmen dan konsisten kita untuk mengelola standarnya. Pada  2024 kemarin diaudit dan menjadi satu-satunya di Indonesia audit SNI tanpa temuan,” kata dia.

Sejauh ini, Pasar Prawirotaman telah dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah. Ambar menuturkan dengan adanya penghargaan ini diharapkan nama Pasar Prawirotaman juga akan semakin terdengar di Indonesia. Dia juga berkomitmen berbagai inovasi di Pasar Prawirotaman akan terus dikembangkan.

“Berbagai gelaran event akan lebih banyak lagi dilaksanakan. Tamu ke Prawirotaman sudah banyak dari seluruh Indonesia. Begitu dapat juara, pengunjung akan lebih banyak lagi dan memberikan kontribusi terhadap dampak pengunjung, industri hotel, dan lain-lain. Efek kejuaraan tak hanya dirasakan Disdag, tapi juga seluruh Kota Jogja,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertemu Prabowo di Kertanegara, Sri Mulyani Kembali Diminta Jadi Menteri Keuangan di Kabinet Prabowo

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement