Advertisement

BEDAH BUKU: Kuatkan Karakter dan Jiwa melalui Baca Buku

Media Digital
Senin, 14 Oktober 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
BEDAH BUKU: Kuatkan Karakter dan Jiwa melalui Baca Buku Warga mengikuti kegiatan bedah buku inisiasi DPAD DIY di Nogotirto, Gamping, Sleman, Senin (14/10/2024). - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Penguatan jiwa dan karakter bisa dibangun dengan beragam cara termasuk membaca buku.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama DPRD DIY berusaha membahas topik tentang penguatan karakter dan jiwa melalui bedah buku bertajuk Way to Win: Menang Tanpa Batas yang digelar di Nogotirto, Gamping, Sleman, Senin (14/10/2024).

Advertisement

Anggota DPRD DIY, Sofyan Setyo Darmawan, mengutarakan bila DIY memiliki angka gangguan jiwa yang cukup tinggi. Angka tersebut muncul bisa jadi dikarenakan kurangnya pendidikan kejiwaan atau pendidikan karakter. “Bekal-bekal untuk menghidupkan jiwa mungkin kurang sehingga perlu asupan-asupan yang berkaitan dengan pendidikan karakter,,” ungkapnya, Senin.

Sofyan berharap buku yang dibedah membuat terjadinya penguatan diri ataupun karakter di kalangan masyarakat. Mereka dinilai membutuhkan jalan untuk menghadapi persoalan. Secara ideal, itu adalah jalan menuju kesuksesan.

Paradigma mengenai seperti apa kesuksesan itu dibahas dalam buku, termasuk langkah-langkah menuju kesuksesan. “Makanya judulnya Way to Win, jalan menuju kemenangan. Kurang lebih ingin berbicara kepada pembaca untuk bagaimana menggali potensi dirinya dan menentukan langkahlangkah untuk meraih kesuksesan atau kemenangan,” ucap Sofyan.

Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Statis DPAD DIY Rakhmat Sutopo menambahkan buku bisa menjadi sumber literasi tentang berbagai topik kejiwaan. Pengetahuan akan penguatan diri maupun karakter bisa diperoleh dari bahan-bahan bacaan yang ada di DPAD DIY.

“Sangat lengkap bukunya dan itu bisa diakses masyarakat dengan tidak harus datang ke kantor. Kami sediakan buku fisik maupun buku elektronik, masyarakat bisa mengakses i-Jogja tanpa harus datang ke sana [Kantor DPAD DIY].”

Agenda bedah buku DPAD DIY ini tidak hanya bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat tetapi juga membuat minat baca masyarakat yang tinggi ini bisa merata di berbagai wilayah DIY. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ganjar Pastikan Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement