Advertisement

BEDAH BUKU: Ciptakan Lingkungan Positif untuk Tumbuh Kembang Potensi Anak

Media Digital
Rabu, 16 Oktober 2024 - 23:57 WIB
Arief Junianto
BEDAH BUKU: Ciptakan Lingkungan Positif untuk Tumbuh Kembang Potensi Anak Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai (berdiri) memaparkan materi dalam program bedah buku yang digelar di Balai RT03/RW33, Pedukuhan Candirejo, Kalurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah, Sleman, Rabu (16/10/2024). - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Menyusun rancangan pengembangan potensi anak perlu dipertimbangkan orang tua agar tidak terlambat dan bisa memaksimalkan potensi anaknya. Topik ini diliterasikan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama DPRD DIY kepada warga Pedukuhan Candirejo, Kalurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah, Sleman, lewat kegiatan bedah buku berjudul Menempa Potensi Anak, Langkah Tepat menuju Pertumbuhan Optimal, Rabu (16/10/2024).

Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, mengatakan kemajuan teknologi Internet yang merambah seluruh wilayah di DIY seharusnya dibarengi dengan pendampingan dari keluarga.

Advertisement

Keluarga sebagai elemen terdekat anak harus mampu memanfaatkan Internet untuk tujuan menempa potensi anak. "Potensi anak harus tercipta di keluarga, karena basis anak itu yang pertama ada di keluarga," kata Anton.

Bagi Anton, keluarga yang baik berpotensi mencetak anak yang baik. Selain keluarga, lingkungan juga menjadi faktor penting dalam menempa potensi anak. Lingkungan sekitar berperan dalam mendukung potensi anak.

Anak menjadi baik atau buruk juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. "Kalau di lingkungan banyak anak-anak yang mengaji, pasti anak kita akan ikut mengaji," ujar Anton.

Internet yang terpasang hingga pelosok desa, menurut anton, dapat dimanfaatkan untuk sarana belajar. Keberadaan bahan-bahan bacaan di desa juga dapat menjadi sumber referensi anak untuk mengembangkan potensinya.

Anton berharap buku yang dibedah bisa menjadi bahan bacaan orang tua untuk mengasah potensi anaknya secara optimal. "Kami ingin tetap menjaga dan mempertahankan minat baca di DIY yang sudah tertinggi di Indonesia, sekaligus memberikan pesan-pesan dengan judul buku yang mudah dibaca," katanya.

Pustakawan Ahli Muda DPAD DIY, Trilastiti Suryaningtyas, mengatakan kegiatan bedah buku yang digelar diharapkan mampu membuat orang tua tahu cara merancang dan mengarahkan pertumbuhan serta perkembangan anak secara maksimal.

Buku yang dibedah juga menekankan pentingnya peran lingkungan untuk mendukung tumbuh kembang anak. "Buku ini bisa menjadi panduan yang esensial bagi siapa saja yang ingin mencapai puncak potensi anak. Semua strategi panduan ada di buku ini," katanya.

Lewat bedah buku, perempuan yang akrab disapa Asti ini berharap DIY dapat mempertahankan tingkat kegemaran membaca yang telah menempati peringkat tertinggi secara nasional. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sebagian Besar Gen Z Tidak Tertarik dengan Partai Politik

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement