Advertisement

Pemda DIY Maksimalkan SPBE Guna Keterbukaan Informasi Publik ke Masyarakat

Yosef Leon
Selasa, 22 Oktober 2024 - 18:57 WIB
Maya Herawati
Pemda DIY Maksimalkan SPBE Guna Keterbukaan Informasi Publik ke Masyarakat Ilustrasi SPBE / siapspbe.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pemda DIY berupaya untuk melakukan keterbukaan informasi publik dengan upaya transformasi digital. Hal ini dilakukan dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mendukung capaian penerapan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB).

Sekda DIY Beny Suharsono mengungkapkan bahwa SPBE merupakan jantung dari program Jogja Smart Province (JSP). Melalui SPBE, Pemda DIY berupaya untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Advertisement

Salah satu kunci keberhasilan Pemda DIY dalam menerapkan SPBE adalah semangat untuk terus melakukan perbaikan.

Continuous Improvement menjadi mantra dalam transformasi digital yang dilakukan. Setiap tahun, Pemda DIY melakukan evaluasi menyeluruh terhadap implementasi SPBE dan melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

Beny juga menegaskan bahwa SPBE bukanlah sekadar penerapan teknologi informasi. SPBE adalah sebuah sistem yang melibatkan seluruh komponen pemerintahan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan.

BACA JUGA: Stasiun Tugu Jogja Makin Cantik, Proyek Beaufitikasi Tahap 1 Rampung

"SPBE juga menuntut adanya kolaborasi yang kuat antar-instansi pemerintah," katanya Selasa (22/10/2024).

Dengan penerapan SPBE, masyarakat dapat menikmati berbagai manfaat yakni mengakses berbagai layanan publik secara online, kapan saja dan di mana saja, proses pemerintahan menjadi lebih transparan dan akuntabel, sehingga masyarakat dapat memantau kinerja pemerintah dan penerapan SPBE dapat membantu pemerintah dalam mengoptimalkan penggunaan anggaran.

"Namun salah satu tantangan terbesar adalah bagaimana menjaga momentum transformasi digital di tengah perkembangan teknologi yang begitu cepat. Selain itu, Pemda DIY juga perlu memastikan bahwa seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari SPBE," ujarnya.

Beny pun mengajak seluruh stakeholder untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam membangun pemerintahan berbasis elektronik. "SPBE adalah milik kita bersama. Mari kita wujudkan Jogja Smart Province yang kita idamkan," ujar Beny.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TNI Bakal Siapkan Tiga Kandidat untuk Jadi Ajudan Presiden Prabowo Subianto

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 19:22 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement