Advertisement

Untuk Kali Ketiga Hanung Raharjo Jadi Ketua DPRD Bantul

Jumali
Selasa, 22 Oktober 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Untuk Kali Ketiga Hanung Raharjo Jadi Ketua DPRD Bantul Sidang Paripurna Pelantikan Pimpinan DPRD Bantul di Ruang Paripurna Gedung DPRD Bantul, Selasa (22/10/20240) pagi - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Hanung Raharjo, politikus PDIP Bantul resmi menduduki posisi Ketua DPRD Bantul periode 2024-2029. Posisi Ketua DPRD Bantul ini bukan kali pertama dijabat oleh pria berusia 44 tahun ini. Sebab, sebelumnya Hanung telah dua kali menjabat sebagai Ketua DPRD Bantul periode 2019-2024, dan periode 2014-2019.

Hanung resmi menjadi Ketua DPRD Bantul 2024-2029 setelah diambil sumpahnya pada Sidang Paripurna Pelantikan Pimpinan DPRD Bantul di Ruang Paripurna Gedung DPRD Bantul, Selasa (22/10/20240) pagi.

Selain Hanung, ada tiga anggota DPRD Bantul yang disumpah dan menjabat sebagai wakil ketua DPRD Bantul. Ketiga anggota tersebut adalah Suradal dari Fraksi PKB yang menduduki posisi Wakil Ketua I DPRD Bantul, Titis Ajeng Ganis Maretti dari Fraksi Partai Gerindra (Wakil Ketua II DPRD Bantul) dan Agung Laksmono dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (Wakil Ketua III DPRD Bantul).

Seusai pelantikan, Hanung mengakui jika posisi posisi Ketua DPRD Bantul periode 2024-2029 adalah posisi ketua yang kali ketiga dijabatnya. Dia mengaku bersyukur atas terpilihnya dia sebagai ketua Dewan untuk lima tahun mendatang.

BACA JUGA: Pencairan Uang Ganti Rugi 66 Bidang Tanah Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 Sedayu Belum Pasti Waktunya

"Yang jelas, setiap periode jabatan yang saya emban terkait ketugasan saya, selalu ada evaluasi. Mana yang baik dan mana yang tidak baik. Yang tidak baik tidak harus dilanjutkan di masa mendatang. Yang positif, harus kami tingkatkan," ungkap Hanung.

Menurut Hanung, dengan bertambahnya masa jabatannya sebagai Ketua DPRD Bantul bukan menjadi ajang gagah-gagahan, sombong dan ria. Akan tetapi, bertambahnya jabatan justru menjadi tambahan beban.

"Karena di periode ketiga ini harus lebih baik daripada periode pertama dan kedua. Kalau tidak bisa jadi yang lebih baik, berarti saya gagal mengemban amanah dari rakyat Bantul," jelas Hanung.

Hanung menambahkan, usai dilantik sebagai pimpinan DPRD Bantul, dirinya bersama dengan 45 anggota DPRD Bantul memiliki sejumlah pekerjaan besar yang harus diselesaikan.

Advertisement

Oleh karena itu, usai dilantik, Hanung langsung mengumpulkan ketua fraksi untuk segera membentuk alat kelengkapan (alkap) DPRD Bantul. Sebab, sampai saat ini, DPRD Bantul belum memilki alkap seperti Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran (Banggar), Komisi dan sejumlah alkap lainnya.
Selain itu, DPRD Bantul juga memiliki pekerjaan rumah terkait pembentukan dan pembahasan Raperda APBD 2025, dan sejumlah raperda yang masih belum diselesaikan di periode sebelumnya.

"Karena ini  belum terbentuk alkap, otomatis saya bertanggung jawab untuk pembentukan tersebut. Setelah pembentukan ya nanti tugas dari masing-masing alkap ya bagian dibahas sesuai dengan tatib kalau kami selaku pimpinan pastilah menjadi penanggung jawab DPRD Bantul," kata Hanung.

Sementara Pjs. Bupati Bantul Adi Bayu Kristanto berharap agar kinerja dari DPRD Bantul bisa lebih optimal usai pelantikan pimpinan DPRD Bantul. Ia juga mengingatkan jika posisi pimpinan DPRD Bantul bukanlah jabatan tapi amanah.

"Kami juga berharap agar pimpinan DPRD Bantul bisa melaksanakan tugasnya dengan optimal dan melibatkan semua elemen. Agar hubungan yang ada selama ini lebih harmonis. DPRD Bantul hendaknya juga hadir di tengah masyarakat dan menampung aspirasi dari masyarakat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TNI Bakal Siapkan Tiga Kandidat untuk Jadi Ajudan Presiden Prabowo Subianto

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 19:22 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement