Advertisement

Pencak Wisata Budaya Digelar Lagi Tahun Ini, Catat Waktu dan Lokasinya

Yosef Leon
Rabu, 23 Oktober 2024 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Pencak Wisata Budaya Digelar Lagi Tahun Ini, Catat Waktu dan Lokasinya Dinas Kebudayaan DIY bersama Komunitas Paseduluran Angkringan Silat memaparkan acara bertajuk Pencak Wisata Budaya 4 tahun 2024, Rabu (23/10/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Paseduluran Angkringan Silat bersama Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY akan menggelar Pencak Wisata Budaya 4 Tahun 2024. Salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO ini diharapkan bisa memperkuat eksistensi pencak silat di tengah masyarakat. 

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Warisan Budaya Disbud DIY Dwi Agung Hernanto menyampaikan bahwa acara ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Sri Paduka KGPAA Paku Alam X, Paniradya Kaistimewan DIY, dan Kundha Kabudayan DIY. 

Advertisement

Pencak Wisata Budaya 4 diharapkan dapat membangkitkan semangat pelestarian pencak silat dan memperkenalkannya kepada generasi muda,” ujarnya, Rabu (23/10/2024). 

Sejak 2012, Paseduluran Angkringan Silat telah konsisten mengadakan berbagai acara untuk mempromosikan pencak silat, seperti Pencak Malioboro Festival dan Pencak Wisata Budaya. Pada tahun ini, Pencak Wisata Budaya 4 hadir dengan sejumlah agenda menarik, antara lain Pencak Wisata Budaya, Lomba Koreografi Pencak untuk Anak dan Pencak 4 Jam. 

"Nanti juga ada pergelaran Pencak Silat di Titik Nol Malioboro yang menjadi ajang promosi bagi berbagai perguruan dan aliran pencak silat. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pencak silat kepada masyarakat luas dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan warisan budaya ini," jelasnya. 

Perwakilan Komunitas Paseduluran Angkringan Silat Yosi Antok Sugiato Suryadi menyebut, pencak silat bukan hanya sekadar seni bela diri, tetapi juga merupakan cerminan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Melalui Pencak Wisata Budaya 4, pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama melestarikan warisan budaya Nusantara.

"Dengan demikian, Pencak Silat dapat terus tumbuh dan berkembang serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ujarnya. 

Adapun rangkaian Pencak Wisata Budaya 4 tahun 2024 ini dimulai dengan acara lomba koreografi pencak untuk anak pada 25 – 26 Oktober 2024, pencak wisata budaya pada 24 – 26 Oktober 2024, Pencak 4 Jam pada 26 Oktober 2024, kemudian bazar pada 25 – 26 Oktober 2024, ada pula workshop pencak silat pada 25 – 26 Oktober 2024 dan lomba mewarnai gambar pencak pada 26 Oktober 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Hakim PN Surabaya Ditetapkan Sebagai Tersangka Suap dalam Kasus Ronald Tannur

News
| Kamis, 24 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement