Advertisement

Tarik Minat Wisatawan, Teras Malioboro 1 Luncurkan Maskot Berkonsep Robot Kenakan Lurik dan Batik

Newswire
Kamis, 24 Oktober 2024 - 16:02 WIB
Sunartono
Tarik Minat Wisatawan, Teras Malioboro 1 Luncurkan Maskot Berkonsep Robot Kenakan Lurik dan Batik Teras Malioboro 1 meluncurkan maskot menarik dengan konsep robot yang mengenakan pakaian lurik serta batik bernama Mas TeMo.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Teras Malioboro 1 meluncurkan maskot menarik dengan konsep robot yang mengenakan pakaian lurik serta batik bernama Mas TeMo. Peluncuran itu dilakukan bersamaan dengan agenda inklusi keuangan bertajuk Akses Keuangan Merata, UMKM Sejahtera di Royal Ambarukmo Yogyakarta Hotel, Rabu (23/20/2024).

Maskot Teras Malioboro ini menjadi satu strategi inovasi agar bisa menarik bagi wisatawan. Maskot ini hadir dengan konsep robot berpakaian lurik dan batik, bermakna Teras Malioboro visioner maju dalam dunia digital termasuk literasi keuangan digital dan berbagai kemudahan memahami Teras Maliboro melalui aplikasi modern berbasis smartphone.

Advertisement

BACA JUGA : Gandeng Anaknya, Vokalis Band Goliath Ngamen di Teras Malioboro I Galang Dana untuk HB II

"Lurik dan batik menjadi kesan melekatnya budaya Jogja Istimewa di mana Mas TeMo diharapkan menjadi bentuk akulturasi modern yang tetap menjaga nilai – nilai budaya Jogja," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi.

Adapun aksesoris daun pada telinga Mas Temo melambangkan nilai asri dan menjunjung dinamisme kepedulian lingkungan hidup, mengedepankan program pengelolaan sampah organik dan anorganik. Hal ini sebagai bagian tanggungjawab pengendalian lingkungan dimulai dari tenant, pengunjung dan pengelola di Teras Malioboro.

"Mas Temo lahir pada kesempatan yang baik di acara Financetopia. Kami berharap ini menjadi brand ambassador bagi Teras Malioboro dalam keseriusan pengelola mengenalkan Teras Malioboro dan menjaga eksistensi serta kunjungan wisata ke depan," kata Kepala Kepala Balai UPT Balai Layanan Usaha Terpadu atau Teras Malioboro 1 Hellen Phornica.

Adapun terkait kegiatan inklusi keuangan, Siwi berharap SiBakul Financetopia melalui programnya dapat memberikan kesempatan emas bagi UMKM di DIY mendapatkan pendanaan dari berbagai Lembaga Jasa Keuangan (LJK). "Dengan hadirnya lebih dari 500 UMKM dan 16 LJK, ini akan menjadi ajang meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis," katanya.

Kepala OJK DIY Eko yunianto menyebut tagline SiBakul Financetopia berupa akses keuangan merata, UMKM sejahtera selaras dengan tema bulan inklusi keuangan 2024. Kegiatan itu memberikan kesempatan bagi UMKM di DIY mendapatkan informasi produk dan layanan jasa keuangan dari berbagai lembaga jasa keuangan.

Kepala perwakilan Bank Indonesia Ibrahim menyebutkan kegiatan SiBakul Financetopia memberikan kesempatan emas bagi masyarakat dan pelaku UMKM bisa mendapatkan pendanaan dari lembaga keuangan. "Oleh karena itu masyarakat perlu diajak mendukung dan memotivasi UMKM agar bisa tumbuh kuat dan bekelanjutan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Dinas Pendidikan DIY Yakin Kurikulum Pendidikan Tidak Berubah Secara Mendadak

News
| Jum'at, 25 Oktober 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement