Advertisement

Komunitas Penyintas Stroke Jogja Gelar Rehabilitasi Mental di Malioboro

Yosef Leon
Minggu, 27 Oktober 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Komunitas Penyintas Stroke Jogja Gelar Rehabilitasi Mental di Malioboro Sejumlah anggota Komunitas Penyintas Stroke Jogja beraktivitas bersama untuk memperingati Hari Stroke Sedunia di kawasan Malioboro, Minggu (27/10/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam rangka memperingati Hari Stroke Sedunia 2024, Komunitas Penyintas Stroke Jogja kembali menggelar kegiatan unik dan inspiratif.

Kali ini, mereka mengajak para anggotanya untuk berjalan menyusuri kawasan pedestrian Malioboro dalam acara yang bertajuk Mlaku Barèng Turut Malioboro, Minggu (27/10/2024).

Advertisement

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat dan kualitas hidup para penyintas strok. Acara ini merupakan seri kelima dari rangkaian Rehabilitasi Mental Bersyukur Tanpa Libur yang telah kami lakukan. Sebelumnya, kami telah mengunjungi beberapa kota di Jawa Tengah. Namun, kali ini kami ingin fokus pada kota sendiri, Jogja," ujar Ketua Panitia, R. Ign. Aris Kusdarunanto.

Kegiatan dimulai sejak pagi buta dengan pemeriksaan tekanan darah para peserta. Setelah itu, mereka bersama-sama melakukan peregangan dan kemudian mulai berjalan menyusuri Malioboro. Sepanjang perjalanan, para peserta didampingi oleh tenaga ahli rehabilitasi medis yang memberikan koreksi dan tips mengenai pola berjalan yang benar.

"Kami ingin mengingatkan kembali kepada para penyintas strok tentang pentingnya fungsi kaki untuk berjalan. Dengan berjalan, mereka tidak hanya melatih fisik, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar," tambah Aris.

Salah satu momen menarik dalam kegiatan ini adalah ketika para peserta antre untuk mendapatkan bubur sehat gratis di depan Malioboro Mall. Momen ini menjadi pelajaran berharga bagi para peserta tentang pentingnya bersosialisasi dan beradaptasi dengan keterbatasan yang mereka miliki.

Meika, salah seorang peserta, mengungkapkan kegembiraannya mengikuti acara ini. "Acaranya keren sekali, membuat kami tambah semangat menjemput kepulihan," ujarnya. 

Meika juga memberikan saran agar ke depannya bisa diadakan permainan ringan saat istirahat untuk menambah keakraban antarpeserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terpidana Ronald Tannur Ditangkap di Perumahan Elite Surabaya

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement