Advertisement

Baznas Jogja Bantu Rehabilitasi 5 RTLH, Masing-Masing Dapat Stimulan Rp 25 Juta

Alfi Annisa Karin
Senin, 28 Oktober 2024 - 15:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Baznas Jogja Bantu Rehabilitasi 5 RTLH, Masing-Masing Dapat Stimulan Rp 25 Juta Baznas Kota Jogja menyasar 5 rumah tidak layak huni di Kota Jogja untuk diberi dana stimulan rehabilitasi, salah satunya rumah milik warga di Giwangan, Umbulharjo / Dokumentasi Baznas Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jogja memberikan bantuan untuk pemilik lima rumah tak layak huni (RTLH). Kelima RTLH tersebut diberi stimulan rehabilitasi.

Salah satunya adalah RTLH milik warga Giwangan, Umbulharjo. Nantinya, masing-masing penerima akan mendapatkan dana stimulan sebesar Rp 25 juta. Ini merupakan dana yang digelontorkan dari Baznas RI.

Advertisement

"Stimulan ini diberikan sebagai bagian dari upaya mewujudkan hunian yang lebih layak dan sehat bagi warga kurang mampu," ujar Ketua Baznas Kota Jogja Syamsul Azhari, Senin (28/10/2024).

BACA JUGA: Baznas Bantul Salurkan Zakat, Infaq dan Sedekah Senilai Rp3,1 Miliar

Syamsul menuturkan program ini merupakan langkah Baznas RI dalam memberikan solusi terhadap masalah RTLH di berbagai daerah, termasuk Kota Jogja. Progra ini juga merupakan salah satu bentuk konkret dari komitmen lembaga zakat dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia menambahkan dua dari 5 RTLH yang disasar di Kota Jogja sudah dalam proses rehabilitasi. Sementara tiga lainnya masih dalam proses pendataan.

Syamsul mengatakan dana yang diberikan ini hanya bersifat stimulan. Untuk itu, diperlukan adanya partisipasi dari masyarakat. Bisa dalam bentuk tenaga, bahan bangunan, ataupun bantuan dalam bentuk lainnya sehingga penuntasan RTLH bisa terwujud di Kota Jogja.

"Dengan partisipasi aktif dari warga sekitar diharapkan proses renovasi rumah dapat berjalan dengan lebih cepat dan efisien. Gotong royong adalah kunci dari keberhasilan program ini," tutur Syamsul.

BACA JUGA: Baznas Jogja Buka Booth di Pusat Keramaian, Permudah Masyarakat Bayar Zakat

Sementara, Lurah Giwangan Dyah Murniwarini mengaku mengapresiasi dan berterimakasih dengan program rehabilitasi RTLH yang diinisiasi oleh Baznas. Menurutnya, bantuan dari Baznas ini tak sekedar memberikan dana untuk renovasi rumah, tetapi juga sebagai bentuk perhatian nyata dari lembaga zakat kepada warga yang membutuhkan.

Dyah mengatakan kolaborasi Baznas dengan masyarakat perlu dijalin dengan lebih erat lagi. Tujuannya, agar lebih banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program-program sosial Baznas Kota Jogja.

"Saya berharap bantuan ini tidak hanya menjadi stimulus ekonomi, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup keluarga yang tinggal di rumah ini," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspadai Dampak Suhu Panas Maksimal Harian, BMKG: Bisa Mencapai 37-38,4 Derajat Celsius

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement