Advertisement

Dijadwalkan Hari Ini, Penetapan Dapil di Bantul Masih Menunggu Putusan KPU Pusat

David Kurniawan
Kamis, 05 April 2018 - 12:37 WIB
Nina Atmasari
Dijadwalkan Hari Ini, Penetapan Dapil di Bantul Masih Menunggu Putusan KPU Pusat Ilustrasi Pemilu. (JIBI)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul masih menunggu keputusan dari KPU Pusat terkait dengan penataaan daerah pemilihan untuk Pemilu 2019.

Komisioner KPU Bantul Arif Widayanto mengatakan, pengumuman penetapan dapil akan dilakukan KPU pusat pada Kamis (5/4/2018). Namun hingga pukul 11.00 WIB, ia mengaku belum mendapatkan informasi terkait dengan penetapan tersebut.

"Kami masih tunggu putusan dari KPU RI. Nanti kalau sudah ada hasilnya langsung akan kami umumkan ke publik," kata Arif saat dihubungi Harianjogja.com, Kamis siang.

Menurut dia, dalam usulan penataan ada dua opsi yang diajukan. Opsi pertama, dapil sama seperti dengan penyelenggaraan Pemilu  2014, sedang untuk opsi kedua ada sedikit perubahan khususnya menyangkut dapil di kecamatan Dlingo, Banguntapan, Pleret, Piyungan dan Imogiri.

"Kami tinggal menunggu hasilnya saja. Yang jelas untuk usulan penataan sudah disesuaikan dengan aturan dalam PKPU serta telah melalui proses uji publik," ujarnya.

Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara mengakui dari dua opsi yang diusulkan memiliki peluang yang sama. Sebagai contoh, lanjut dia, untuk opsi yang sama dengan dengan dapil di Pemilu 2014 karena jumlah kursi di setiap dapil masih memenuhi persyaratan.

Salah satunya menyangkut batas kuota kursi paling sedikit enam kursi dan paling banyak sepuluh kursi di setiap dapil. "Untuk penetapan kami serahkan sepenuhnya ke pusat. Yang jelas apapun pilihannya akan kami laksanakan," katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement