Advertisement

Gara-Gara Parkir Liar, 3 Lokasi Ini Jadi Perhatian Khusus Dishub Kota Jogja

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 10 April 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Gara-Gara Parkir Liar, 3 Lokasi Ini Jadi Perhatian Khusus Dishub Kota Jogja Ilustrasi parkir. - Solopos/Ivanovich Aldino

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Gangguan tukang parkir liar di Jogja masih sulit ditertibkan. Berdasar Perda No.18/2009, juru parkir (jukir) nakal yang mematok harga terlalu tinggi atau mengganggu lahan parkir jukir resmi dikenakan denda maksimal Rp50 Juta. Namun, kenyataannya hanya dengan Rp300.000 mereka sudah dapat terbebas dari pengadilan tanpa efek jera.

Kepala Bidang Parkir Dinas Perhubungan Kota Jogja Imanuddin Aziz mengatakan, ada beberapa titik parkir di Jogja yang menjadi perhatian khusus Dishub Kota Jogja karena masalah tukang parkir liar. "Jalan Suryatmajan sisi selatan dekat simpang Hotel Melia Purosani banyak tukang parkir liar yang setiap weekend mengganggu juru parkir resmi. Jukir resmi disuruh libur," kata Aziz kepada Harianjogja.com, Senin (9/4/2018).

Advertisement

Aziz mengatakan, tukang parkir liar di Jalan Suryatmajan mematok harga tinggi setelah mengusir jukir resmi. Mereka menetapkan biaya parkir Rp10.000 per mobil, padahal seharusnya Rp2.000 per mobil. "Sudah disidangkan berkali-kali, tetapi karena dendanya terlalu murah, ya tidak ada efek jera," kata Aziz.

Selain itu, simpang Tugu di malam hari juga membuat pihak Dishub Kota Jogja kewalahan. Pasalnya, angkringan di bahu jalan kerap memunculkan parkir motor yang mengganggu lalu lintas sekitar Tugu yang padat, terutama saat libur panjang. "Nanti malam mau ditertibkan lagi itu, kalau SP 1 sampai 3 tidak mempan ya kami sidangkan," kata Aziz.

Simpang Gembira Loka pun juga menyumbang permasalahan parkir liar di Jogja, terutama saat libur. Aziz mengatakan, penataan parkir tidak sesuai dengan yang ditetapkan. "Kadang aturannya hanya dua baris kendaraan, mereka buat jadi empat sehingga memenuhi jalan. Di Lempuyangan juga begitu, tapi sudah ditertibkan kemarin," kata Aziz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement