Advertisement

100 Orang Mengenang Kembali Serbuan Kotabaru

Abdul Hamied Razak
Rabu, 11 April 2018 - 12:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
100 Orang Mengenang Kembali Serbuan Kotabaru Suasana Seminar Sejarah Mengenang Kembali Serbuan Kotabaru di Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman, Rabu (11/4/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sekitar seratus orang mengikuti Seminar Sejarah yang digelar Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja, Rabu (11/4/2018) di Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman. Seminar tersebut digelar untuk menggali dan mengingat kembali peristiwa Kotabaru.

Selain menghadirkan ahli sejarah dari Balai Pelestari Nilai Budaya DIY Darto Harnoko, pada seminar tersebut juga dihadirkan Sejarawan UNY Sardiman dan unsur TNI AD Letkol Caj. Aris Harliyadi.

Advertisement

"Kami hadirkan pelaku sejarah serbuan kotabaru yang saat ini masih hidup. Bapak Samdi. Beliau pelaku sejarah peristiwa serbuan Kotabaru ikut hadir," kata Kepala Seksi Sejarah Disbud Kota Jogja Tri Sotya Atmi, di sela-sela kegiatan.

Dia menjelaskan, masa penjajahan Belanda dan Jepang memiliki kisah perjuangan yang cukup menguras emosi, tenaga, dan pikiran. "Jepang turut menduduki Jogja. Adanya tentara Jepang yang menduduki wilayah Kotabaru melatarbelakangi para pejuang untuk melakukan serbuan," katanya kepada Harianjogja.com.

Serbuan para pejuang di Kotabaru saat itu menyebabkan 21 pejuang gugur. Selanjutnya, nama-nama pejuang tersebut dijadikan nama jalan. Seperti Faridan M Noto, I Dewa Nyoman Oka, dan Atmo Sukarto. Dari pihak Jepang ada 27 tentara yang tewas dan 360 tentara lainnya dimasukkan ke penjara Wirogunan.

"Kami mengangkat tema Mengenang Peristiwa Serbuan Kotabaru. Tema ini penting mengingat pentingnya peristiwa itu bagi rakyat Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement