Atasi Kekeringan, Pemkab Pinjamkan Pompa Penyedot Air

Ilustrasi - pompa air untuk irigasi sawah.JIBI
17 April 2018 15:15 WIB Beny Prasetya Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo bakal meminjamkan alat penyedot air kepada sejumlah petani terdampak pengeringan saluran Kalibawang. Puluhan pompa air dipinjamkan secara gratis untuk memenuhi kebutuhan air irigasi pertanian.

Kepala DPP Kulonprogo, Bambang Tri Budi, mengungkapkan jajarannya tidak akan lepas tangan menyusul adanya potensi kekeringan di area persawahan yang terdampak pengeringan saluran Kalibawang. Menurutnya, sekitar 100 hektare tanaman padi di Kecamatan Sentolo dan Lendah masih berada dalam fase 40 hari pertama pertumbuhan. Oleh karena itu, para petani bisa meminjam pompa penyedot air ke DPP Kulonprogo. "Kami menyiapkan pompa penyedot air kepada petani terdampak," ujarnya, Selasa (17/4/2018).

Melalui gabungan kelompok tani (gapoktan), petani terdampak bisa meminjam alat ke Kantor DPP Kulonprogo. Alat yang tersedia bakal digunakan secara bergiliran. "Harus melalui gapoktan, karena kalau melalui gapoktan, siapa yang bertanggung jawab jelas," katanya.