Advertisement

Sinkronisasi Server UNBK di Gunungkidul Sempat Terkendala Mati Listrik dan Bingungnya Para Proktor

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 22 April 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sinkronisasi Server UNBK di Gunungkidul Sempat Terkendala Mati Listrik dan Bingungnya Para Proktor Ilustrasi persiapan UNBK. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sinkronisasi server untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Gunungkidul sempat terkendala mati listrik dan fitur baru yang membingungkan proktor. Namun, hal tersebut bisa segera teratasi.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Kisworo mengungkapkan, dua sekolah yakni MTS saptosari dan SMP 1 Panggang sempat mati listrik, sehingga sinkronisasi server terganggu. Kendati demikian, hal tersebut bisa segera diatasi.

Advertisement

"Iya kemarin dua sekolah itu mati listrik, jadinya sinkronisasi terganggu," ujarnya kepada Harianjogja.com, Sabtu (21/4/2018).

Kendala lain yang dihadapi adalah adanya fitur baru yang membuat proktor dalam melaksankan tugasnya belum mengatur sesuai petunjuk. Hal itu menimbulkan kebingungan. "Rata-rata masalah fitur baru, setting-nya proktor ada yang terlewat. Tapi teratasi sama helpdesk," kata Kisworo.

Adapun fitur baru tersebut adalah menu transfer respons yang pengaturannya harus disimpan di flashdisk. Fungsinya adalah untuk back up jawaban siswa jika terjadi masalah. "Ya sebagian saja [proktor] bingung mengaturnya," ujar Kisworo.

Sementara itu terkait dengan kesiapan server oleh sekolah, Kisworo mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan surat pengantar untuk sekolah supaya bisa meminjam server ke SMA/SMK. "Dinas sudah mengeluarkan surat pengantar, jadinya bisa dipastikan server aman," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement