Advertisement

21 Siswa SMA/SMK di DIY Tidak Lulus

Sunartono
Rabu, 16 Mei 2018 - 19:50 WIB
Bhekti Suryani
21 Siswa SMA/SMK di DIY Tidak Lulus Ilustrasi UNBK. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY telah mendapatkan rekapitulasi kelulusan dari seluruh SMA/SMK di DIY. Sebanyak 21 pelajar SMA/SMK di DIY dinyatakan tidak lulus dan harus mengulang proses pembelajaran di tahun ajaran berikutnya jika ingin mendapatkan ijazah formal.

Kasi Data dan Teknologi Informasi Bidang Perencanaan dan Standarisasi Pendidikan Disdikpora DIY Agus Muchdiarto menjelaskan, berdasarkan laporan dari masing-masing SMA/SMK di DIY, tercatat ada 21 siswa yang dinyatakan tidak lulus. Kelulusan itu sendiri ditentukan oleh guru melalui beragam pertimbangan, seperti kepribadian dan nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Advertisement

"Total ada 21 peserta didik dari SMA/SMK yang tidak lulus, berdasarkan laporan sekolah yang masuk," terangnya saat ditemui di kantornya, Rabu (16/5/2018).

Agus menambahkan, dari total 21 siswa yang tidak lulus, delapan dari SMA dan 13 dari SMK. Persentase kabupaten/kota asal sekolah, Bantul termasuk lulus 100% karena dari data yang masuk tidak terdeteksi adanya siswa tidak lulus di Bantul.

Sedangkan di Kota Jogja ada enam siswa tidak lulus dari tiga sekolah, di Sleman ada 12 siswa tidak lulus dari sembilan sekolah. Kemudian di Kulonprogo ada dua siswa dari dua sekolah dan Gunungkidul ada satu siswa tidak lulus dari satu sekolah.

"Berdasarkam data yang masuk, Bantul yang lulus 100 persen," kata dia.

Berdasarkan data Disdikpora DIY tersebut, penyebab ketidaklulusan karena mengundurkan diri dari sekolah ada 11 siswa. Selain itu ada dua siswa di antaranya tidak lulus karena kepribadiannya kurang baik. Serta satu siswa karena persentase kehadiran dalam kelas sangat kurang dan satu siswa tidak lulus karena tidak mengikuti UNBK 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement