Advertisement

Pemudik Diprediksi Naik Drastis, Menhub Klaim Jalur Mudik Sudah Siap

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 19 Mei 2018 - 21:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Pemudik Diprediksi Naik Drastis, Menhub Klaim Jalur Mudik Sudah Siap Menhub Budi Karya Sumadi (dua kanan) ketika meninjau di Stasiun Tugu Yogyakarta, Sabtu (19/5/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Jumlah pemudik yang menggunakan sarana transportasi darat diperkirakan meningkat drastis tahun ini. Kementerian Perhubungan mengklaim jalur mudik tahun ini dinilai siap.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan secara umum seluruh jalur mudik tahun ini sudah siap dan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Dia mengaku telah melakukan pengecekan jalur mudik dari Jakarta hingga Surabaya.

Advertisement

"Kondisi jalan nasional baik di jalur utara maupun selatan cukup baik. Jalan nasional ini bisa menjadi alternatif bagi pemudik sehingga tidak harus masuk ke jalan tol," katanya kepada wartawan usai menggelar pemantauan kesiapan Angkutan Lebaran 2018 di Stasiun Tugu Jogja, Sabtu (19/5/2018).

Dibandingkan moda transportasi laut dan udara, katanya, jumlah pemudik tahun ini masih didominasi moda transportasi darat dan udara.

Menurutnya, ada sekitar delapan juta pemudik yang memanfaatkan moda angkutan udara.

Sekitar delapan juta pemudik lainnya diperkirakan menggunakan moda angkutan darat. Jumlah tersebut belum termasuk sekitar enam juta pemudik yang menggunakan kereta api. Untuk pemudik yang menggunakan kapal laut hanya sekitar 1,5 juta pemudik.

"Kami minta agar penumpang ikut mengawasi dan mengecek secara sederhana kondisi ban bus yang akan digunakan untuk mudik," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement