Advertisement

Warga Bantul Mulai Kekurangan Air Bersih

Ujang Hasanudin
Minggu, 20 Mei 2018 - 22:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Warga Bantul Mulai Kekurangan Air Bersih Ilustrasi kekeringan - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Beberapa wilayah di Bantul mulai kekeringan sebagai dampak dari musim kemarau. Bahkan sudah ada warga yang mengajukan dropping air bersih ke Pemerintah Kabupaten Bantul.

"Permintaan dropping air bersih dari Wukirsari, Imogiri sudah kami penuhi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto, Sabtu (19/5/2018).

Advertisement

Daryanto mengatakan Kecamatan Imogiri merupakan salah satu kecamatan yang menjadi langganan kekeringan saat musim kemarau. Selain Imogiri, beberapa kecamatan seperti Piyungan, Dlingo, Pleret, dan Pundong juga rawan kekeringan sebagai dampak kemarau.

Pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp75 juta untuk mengatasi kekeringan tahun ini. Anggaran tersebut meningkat dibanding tahun lalu Rp50 juta. Dua armada pengangkut air bersih juga sudah disiagakan dan siap mengirim air jika ada permintaan dari masyarakat.

Tidak hanya armada BPBD, tetapi sejumlah dinas terkait juga sudah menyiapkan, di antaranya Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP), Dinas Sosial, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan perusahaan BUMN dan instansi swasta yang akan membantu dropping air," ujar Daryanto.

Menurut dia, kebutuhan air bersih akan bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk. Jika ada permintaan dropping air dari beberapa wilayah dalam waktu bersamaan, kata Daryanto, maka armada dari instansi lain akan dikerahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement