Advertisement

Istri Buruh dan Nenek di Perbukitan Dapat Bantuan Paket Ramadan

Beny Prasetya
Jum'at, 08 Juni 2018 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Istri Buruh dan Nenek di Perbukitan Dapat Bantuan Paket Ramadan Kepala Bidang Pendayagunaan IZI DIY, Taufik Nur Hidayat, memberikan paket ramadhan kepada warga Dusun Karangasem, Sidomulyo, Kamis (7/6/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Lembaga Amil Zakat Nasional IZI ( Inisiatif Zakat Indonesia) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta salurkan 51 paket Ramadan kepada 51 warga kurang mampu di Dusun Karangasem, Sidomulyo, Pengasih Kamis (7/6/2018).

Paket senilai Rp450.000 itu berisi seperangkat alat salat, sembako, serta makanan untuk lebaran.

Advertisement

Sejumlah 51 warga yang hadir di Masjid Al - Falah terdiri dari 50 wanita yang suaminya bekerja sebagai buruh serabutan atau yang telah ditinggal mati suami. Adapun satu orang lagi merupakan koordinator yang dipercaya IZI DIY untuk mendata wanita yang diberikan bantuan.

Koordinator yang juga Ketua RT 7, Sunarto menyatakan 50 orang tersebut merupakan ibu rumah tangga yang bekerja sebagai buruh cabutan di beberapa industri rumahan setempat. Mereka dipilih karena memiliki keterbatasan finansial.

"Suami mereka buruh serabutan, ada nenek-nenek yang sudah tidak bersuami, dan mereka tinggal di bukit semua," kata Ketua RT 7 RW 3 itu.

Sementara, Kepala Bidang Pendayagunaan IZI DIY, Taufik Nur Hidayat, menyatakan pemberian puluhan paket itu dilakukan karena masyarakat Dusun Karangasem yang berada di perbukitan itu merupakan membutuhkan bantuan mereka.

"Biasanya kita charity reguler itu tidak sebesar ini nilai perpaketnya. Tetapi untuk Ramadan kita punya paket khusus selain sembako, yaitu penambahan makanan untuk lebaran dan seperangkat alat salat," ucapnya.

Lebih lanjut, bila ada anggaran lebih, Dusun Karangasem tersebut akan dijadikan kampung Ramadhan layaknya di Dusun Kajor Kulon, Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul di Ramadhan tahun selanjutnya.

Menurutnya ketika sebuah dusun dijadikan kampung Ramadan maka kegiatan berbuka, doa malam, hingga kegiatan gema Ramadan juga akan diberikan bantuan.

"Nantinya ada pesantren kilat juga, dan akhirnya kami akan assessment tertentu agar bantuan tidak diberikan lagi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement