Advertisement

Wisata ke Jogja, Jangan Lupa Cobain Bus yang Satu Ini

Abdul Hamied Razak
Selasa, 12 Juni 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Wisata ke Jogja, Jangan Lupa Cobain Bus yang Satu Ini Bus Domapan. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Moda transportasi wisata, Bus Domapan kembali dioperasikan pada libur Lebaran tahun ini. Moda transportasi unik ini dioperasikan untuk menarik daya wisata di kawasan Malioboro.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Jogja Yunianto Dwi Sutono menjelaskan angkutan wisata ini dioperasionalkan dari Taman Pintar dengan rute mengelilingi kawasan Malioboro. Kendaraan berbentuk bus tingkat dengan atap terbuka tersebut dapat diakses secara gratis oleh wisatawan.

Advertisement

"Kami sudah mulai mengoperasikan Domapan sejak Sabtu [9/6/2018]. Rencananya operasional selama dua pekan hingga Sabtu [23/6/2018] dari Taman Pintar," katanya, Selasa (11/6/2018).

Dia berharap, wisatawan dapat menikmati kawasan Malioboro dengan suasana berbeda. Selain kawasan Malioboro, wisatawan juga menyaksikan suasana kota di ruas jalan Suryatmajan, Jalan Mataram, Jalan Margo Mulyo, Jalan Senopati hingga kembali ke Taman Pintar.

Selain bus Domapan, Dispar juga menyiapkan pentas kesenian gamelan di Tugu KB Taman Parkir Abu Bakar Ali pada 17-19 Juni. Lantunan gamelan akan diperdengarkan ke seluruh kawasan Malioboro melalui Radio Widoro. Dispar juga membuka Tourist Information Center di Jalan Malioboro untuk membantu wisatawan yang datang.

Kepala Bidang Taman Pintar Dispar Jogja Afia Rosdiana mengatakan bus hanya akan dioperasionalkan satu kali dalam sehari yaitu setiap pukul 10.00 WIB dari Taman Pintar. Kebijakan tersebut ditempuh karena pertimbangan kondisi lalu lintas yang cukup padat di rute yang dilalui. "Bus hanya melaju dengan kecepatan rendah sekitar 10 kilometer per jam. Kami sengaja memilih waktu di mana kondisi lalu lintas belum terlalu padat,” katanya.

Sejak dioperasionalkan, minat wisatawan untuk mencoba naik Domapan cukup banyak. Sayangnya, kata Afia bus hanya memiliki kapasitas 25 penumpang. "Banyak yang tidak bisa naik. Kami sudah memberikan informasi dan wisatawan pun memahami,” katanya.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi berharap keberadaan bus Domapan tersebut dapat menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. "Bus ini sudah mengantongi izin operasional dan disiapkan untuk menarik minat wisatawan saat libur Lebaran,” katanya. (Abdul Hamid Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement