Meski Masih Pelajar, Pelaku Klithih Tetap Bakal Disikat Habis oleh Polisi

Ilustrasi kekerasan fisik. - JIBI
12 Juni 2018 13:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Klithih benar-benar membuat semua pihak terkait di Gunungkidul bersiap. Tak terkecuali kepolisian.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuadi menegaskan pihaknya akan memproses hukum para pelajar yang terlibat tindakan kriminal, tak terkecuali aksi klitih.

“Meski mereka berstatus pelajar, kami tetap akan menindak tegas para pelaku klithih,” tegasnya.

Polres Gunungkidul menurut Fuadi telah menggencarkan patroli. Petugas saat patroli lanjutnya akan mengawasi pergerakan dalam kerumunan pemuda di sejumlah lokasi yang rawan terjadi tindakan kriminal.

Selain itu, pihaknya juga menugaskan jajaran polsek terutama di wilayah perbatasan dan jalur wisata agar terus bersiaga. Hal ini untuk antisipasi masuknya kelompok-kelompok remaja ke Gunungkidul yang dimungkinkan membuat kekacauan.

Dari hasil pemantauan, wilayah Gunungkidul diklaim Ahmad masih aman dari tindakan klithih. Para siswa diakui dia masih kondusif. Tidak ada yang melakukan aksi yang meresahkan.

“Kami juga siapkan petugas yang terjun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pembinaan. Pencegahan juga kita utamakan,” kata dia.

Adanya kejadian klithih di Jogja beberapa hari terakhir, membuat pihak sekolah di Gunungkidul lebih protektif terhadap siswa. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul mengancam memberi sanksi kepada para pelajar jika berani melakukan aksi tersebut, bahkan jika perlu siswa yang terlibat klithih harus dikeluarkan dari sekolah.

Adplus Tokopedia