H-4 Lebaran, Terminal Wates Kok Lengang?

Suasana lengang di terminal Wates Kulonprogo, Senin (11/6/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya
12 Juni 2018 22:17 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pada H-4 arus mudik Idulfitri 2018, Terminal Wates masih terlihat lengang. Pengelolaan Terminal Wates yang kini berada di bawah Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta menyebabkan bus angkutan tak lagi wajib masuk ke dalam terminal.

Koordinator Terminal Bus Wates, Supardi mengatakan, jumlah penumpang yang datang maupun berangkat di Terminal Wates mengalami penurunan hingga 50%. Walau demikian, jumlah angkutan yang masuk tidak banyak mengalami perubahan dibanding arus mudik tahun lalu.

Supardi memperkirakan, selain tidak wajibnya bus angkutan masuk terminal, sepinya kedatangan maupun keberangkatan penumpang di Terminal Wates karena banyaknya pemudik yang ikut program mudik gratis. Liburan panjang juga turut menyebabkan pemudik menggunakan kendaraan pribadi.

"Armada yang masuk sekitar 80 bus, ada 715 penumpang. Padahal pada tahun lalu, biasanya pada masa seperti sekarang, penumpang sudah mencapai lebih dari seribu. Kami belum lihat adanya kenaikan penumpang, mungkin H-1 atau H-2 nanti," kata dia, Selasa (12/6/2018).

Kondisi ini menyebabkan pihak terminal Wates belum bisa memproyeksikan kondisi arus balik Idulfitri 2018.

Adplus Tokopedia