Masa Berlaku Pajak Kendaraan atau SIM Habis saat Libur Lebaran? Tenang, Ada Toleransi

Puluhan warga mengantre untuk memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) di mobil layanan SIM keliling di Stadion Kridosono, Kotabaru, Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto
13 Juni 2018 09:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Para wajib pajak yang pajak kendaraannya jatuh tempo pada masa libur, mendapat penghapusan denda. Namun dengan catatan, pajak kendaraan tersebut segera diurus pada 21-28 Juni 2018.

Hal itu diungkapkan Kepala Unit Registrasi Identifikasi (Regident) , Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul, Iptu Jarwanto, Selasa (12/6/2018). Dia mengatakan semua layanan di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) termasuk layanan di Counter Bank BPD, Drive Thru, Bis Samsat Keliling, Samsat Desa diliburkan pada libur cuti lebaran ini.

Jarwanto berharap pemberitahuan ini dapat direspon dengan baik oleh masyarakat. Sehingga tidak ada masyarakat yang kecewa lantaran datang saat Samsat tutup.

Sementata itu layanan pembuatan SIM di Polres Gunungkidul diliburkan pada 15 hingga 18 Juni 2018. Baur SIM Satlantas Polres Gunungkidul, Aipda Sugiyanto memaparkan, kebijaksanaan perihal tetap bukanya layanan SIM saat libur lebaran ini merupakan permintaan masyarakat.

Hal ini karena permohonan SIM sedang melonjak. Penyebabnya banyak para pemudik memanfaatkan momen pulang kampung untuk memperpanjang atau membuat SIM.

“Pelayanan kita buka sampai petang karena permohonan dari masyarakat sangat banyak,” kata Sugiyanto.

Satlantas Polres Gunungkidul juga memberikan kebijakan khusus terkait perpanjangan SIM. Jika masa berlaku SIM habis saat masa libur lebaran maka mendapat toleransi untuk bisa diperpanjang hingga 27 Juni 2018.

Jika selama periode toleransi tersebut perpanjangan SIM tidak diurus, maka warga masyarakat diharuskan membuat prosedur pembuatan SIM baru.