Dapat Remisi, Tidak Ada Warga Binaan Rutan Wates yang Langsung Bebas

Lapas Cebongan, Sleman. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
14 Juni 2018 09:17 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Dari 20 warga Binaan Rumah Tahanan (Rutan) Wates kelas II B yang diusulkan untuk mendapatkan remisi Hari Raya Idulfitri seluruhnya mendapatkan remisi.

Namun dari seluruh remisi itu tidak ada yang dinyatakan langsung bebas. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Rutan Wates Kelas II B , Teguh Suroso, Rabu (13/6/2018) sore.

"Jadi yang diusulkan 20 orang dari 81 warga binaan, dan semuanya diterima usulannya," katanya.

Dalam kesempatan itu, dirinya menganulir adanya kabar usulan remisi untuk 23 narapidana. Lebih lanjut, ia menyatakan 20 usulan itu terdiri dari 17 remisi dengan waktu tiga bulan dan tiga remisi untuk waktu satu bulan. Adapun dari semua remisi, tidak ada satu pun warga binaan yang dinyatakan bebas.

"Jadi 20 bukan 23, dan terdiri 17 untuk waktu tiga bulan dan tiga warga binaan yang mendapat remisi satu bulan, dan tidak ada yang langsung bebas," ungkapnya.

Lebih lanjut dari 20 warga binaan yang mendapat remisi itu di dominasi oleh warga binaan yang dulunya dipenjara lantaran pencurian. "Dominasi pencurian, bukan penipuan," katanya.

Menanggapi tidak adanya warga binaan yang langsung bebas setelah mendapat remisi, Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution, meminta warga binaan untuk merefleksikan diri dan menggunakan waktu di dalam rumah tahanan sebaik-baiknya.

"Agar kedepannya,  para warga binaan Rutan Wates yang mendapatkan remisi senantiasa patuh hukum dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta optimis dalam menjalani kehidupan yg baru di masyarakat," katanya.

Ad Tokopedia