Advertisement

DLH Bantul Siap-Siap Sampah Menggunung Usai Libur Lebaran

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 17 Juni 2018 - 12:17 WIB
Nina Atmasari
DLH Bantul Siap-Siap Sampah Menggunung Usai Libur Lebaran Wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Sabtu (16/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Antisipasi sampah menumpuk pasca puncak kunjungan wisata, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bantul, memiliki motto lebaran bebas sampah.

Sekretaris DLH Bantul, Indriyanta, mengatakan gerakan lebaran bebas sampah sendiri sudah dimulai saat arus mudik, pasca salat Id, saat puncak kunjungan wisata ini dan saat arus balik nanti.

Advertisement

Menurutnya masih banyak masyarakat yang belum sadar untuk membuang sampah pada tempatnya saat berwisata.

"Sudah kami siapkan tempat sampah di kawasan wisata, namun kesadaran wisatawan masih perlu ditingkatkan untuk membuang sampah pada tempatnya," katanya, Minggu (17/6/2018).

Pihaknya mengaku sudah berkordinasi dengan Dinas Pariwisata (Dinpar), Bantul dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mengantisipasi tumpukan sampah.

"Paling tidak wisatawan membawa plastik sendiri, untuk tempat sampah jika memang belum menemukan tempat sampah," katanya.

Permasalahan sampah tersebut juga dirasakan pengelola wisata di Mangunan. Ketua desa wisata Mangunan Ipung mengatakan kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih kurang.

"Masih banyak yang membuka kaca mobil lalu melemparkan sampahnya sembarangan, kami sudah himbau sebenarnya untuk tidak membuang sembarangan. Meski kami sudah ada tim kebersihan, alangkah lebih baiknya jika masyarakat sadar sendiri," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement