Advertisement

Antisipasi Kemacetan, Kulonprogo Siapkan Kantong Parkir di Lahan Warga

Uli Febriarni
Minggu, 17 Juni 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Antisipasi Kemacetan, Kulonprogo Siapkan Kantong Parkir di Lahan Warga Suasana sore hari di Pantai Pasir Kadilangu, tepatnya di Jembatan Kadilangu yang masih ramai pengunjung, Sabtu (16/6/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo melakukan penataan dan penambahan titik parkir di objek wisata Pantai Glagah. Langkah ini guna mengantisipasi kemacetan di objek wisata tersebut.

Kepala Dispar Kulonprogo, Niken Probo Laras mengungkapkan, pembangunan New Yogyakarta International Airport menyebabkan dua pintu masuk ke Pantai Glagah telah ditutup. Sehingga, pintu masuk timur menjadi pintu masuk utama untuk keluar masuk kendaraan wisatawan dari dan ke Pantai Glagah.

Advertisement

Selain itu, Taman Bunga Matahari (TBM) yang dikelola masyarakat mulai menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kawasan Glagah. Diprediksi, semakin ramainya kendaraan yang parkir di kawasan tersebut menyebabkan kemacetan dan penumpukan kendaraan wisatawan di wilayah itu.

"Rencananya lahan parkir pengunjung TMB menggunakan lahan milik warga. Karena biasanya, pengunjung TMB, memarkir kendaraan mereka di jalan, kalau ini dibiarkan akan menyebabkan jalan di kawasan Pantai Glagah menjadi lumpuh total," kata dia, baru-baru ini.

Ia menambahkan, kini Dispar memberlakukan retribusi objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Kulonprogo, sebesar Rp5.000 per orang. Meliputi Pantai Glagah, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, Gua Kiskendo, dan Puncak Suroloyo. Sedangkan untuk retribusi objek wisata yang dikelola oleh masyarakat, Dispar tidak memiliki hak untuk mengatur, sehingga besaran retribusi ditentukan oleh warga.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dispar Kulonprogo, Sari Wulandari mengatakan jumlah pengunjung Pantai Glagah masih mendominasi kunjungan wisata dan menyetor PAD. Biasanya, pada musim libur Idulfitri, pengunjung Pantai Glagah bisa mengalami peningkatan sampai lebih dari 25% dibanding haru biasa. Kendati demikian, Dispar tidak memasang target khusus jumlah pengunjung wisata saat libur Idulfitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement