Advertisement

Pengelola Objek Wisata Mangunan Libatkan Warga Sekitar

David Kurniawan
Selasa, 19 Juni 2018 - 10:10 WIB
Laila Rochmatin
Pengelola Objek Wisata Mangunan Libatkan Warga Sekitar Karyawan PLN Area Surakarta mengikuti kegiatan outbond dalam acara employee gathering di kawasan wisata Hutan Pinus, Mangunan, Bantul, Sabtu (5/5/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Selama Libur Lebaran jumlah kunjungan di objek wisata di kawasan Mangunan, Kecamatan Dlingo meningkat. Guna memberikan rasa nyaman ke pengunjung, pengelola melibatkan masyarakat untuk membantu mengelola objek wisata tersebut.

Pengelola Wisata Lintang Sewu, Purwo Harsono mengatakan pihaknya sudah mempersipakan potensi lonjakan pengunjung saat libur Lebaran. Menurut dia, untuk antisipasi agar wisatawan aman saat berkunjung, pengelola menambah personel.

Dia mencontohkan untuk kelancaran arus terutama di titik-titik jalan yang rawan, khususnya di jalan menanjak ditempatkan personel dari masyarakat. Partisipasi ini tidak hanya melibatkan warga lokal, namun juga menyertakan komunitas radio siaga bencana.

“Kami tidak sendiri karena juga melibatkan warga sekitar sehingga kelancaran dapat dijaga. Anggota komunitas kami siapkan guna memantau arus, sedangkan kami juga menambah perseonel ganjal ban sebanyak 30 orang untuk membantu saat ada kendaraan yang tak kuat menanjak,” kata Ipung, sapaan akrabnya, Senin (18/6/2018).

Disingung mengenai arus lalu lintas, Ipung mengaku perluasan jalur Mangunan-Imogiri sangat membantu sehingga arus lalu lintas lebih lancar. “Memang terjadi kepadatan kendaraan, tetapi arus tetap lancar karena antrean tidak lebih dari sepuluh menit,” ucapnya.

Peningkatan kunjungan juga terlihat di taman bunga di jalur jalan lintas selatan di kawasan pesisir Bantul. Di kawasan ini tidak kurang 20 kebun bunga yang siap digunakan pengunjung untuk berfoto.

Pemilik Resoinagun Garden di Desa Srigading, Sanden, Feri mengatakan libur Lebaran berdampak terhadap tingkat kunjungan. Menurut dia, jika di hari biasa hanya didatangi puluhan, namun saat liburan Lebaran bisa mencapai ratusan pengunjung. Untuk bisa berfoto di kebun seluas setengah hektare ini, pengunjung cukup membayar Rp5.000 per orang.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement