Advertisement

BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi di Perairan DIY

Irwan A Syambudi
Jum'at, 22 Juni 2018 - 10:50 WIB
Bhekti Suryani
BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi di Perairan DIY Ilustrasi gelombang di pantai. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY merilis peringatan dini potensi hujan lebat dan gelombang tinggi di perairan selatan DIY.

Melalui keterangan tertulis Kepala Stasiun Klimatologi Mlati, BMKG DIY, Agus Sudaryatno mengatakan hasil pantauan cuaca saat ini dalam beberapa hari ke depan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat di beberapa wilayah DIY. Hal itu diprediksi terjadi pada 21-23 Juni 2018.

Advertisement

"Pantauan kondisi atmosfer terlihat adanya belokan angin serta intrusi udara basah yang masuk ke wilayah DIY, sehingga tingkat kelembaban udara di bagian atas atmosfer cukup basah dengan kisaran 80-90 persen. Kondisi tersebut menyebabkan pembentukan awan-awan hujan," jelasnya, Kamis (21/6/2018).

Lanjutnya lagi wilayah yang diprediksi akan berpeluang terjadinya hujan dalam beberapa hari ke depan antara lain Sleman, Kota Jogja sebagian Kulonprogo bagian utara, Bantul bagian utara dan Gunungkidul bagian utara dan barat.

Selain potensi hujan lebat, yang perlu diwaspadai masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir selatan DIY adalah peningkatan tinggi gelombang. Diprediksi perairan di selatan Jawa/DIY yang tinggi gelombang berkisar 2.0-3.5 meter, pada 20-25 Juni 2018.

Kami menhimbau masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh. Agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir. Waspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut terutama bagi masyarakat yang beraktivitas di sekitar pantai, nelayan di laut dan wisatawan di pantai selatan DIY," kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement