Advertisement

12 Dalang Anak dan Remaja Bakal Unjuk Kebolehan di Festival Dalang Kulonprogo

Beny Prasetya
Kamis, 28 Juni 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
12 Dalang Anak dan Remaja Bakal Unjuk Kebolehan di Festival Dalang Kulonprogo Ilustrasi kegiatan desa - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Dinas Kebudayaan Kulonprogo menggelar Festival Dalang Remaja di Taman Budaya Kulonprogo. Sesuai judulnya Pagelaran wayang kulit selamam suntuk itu dilakukan oleh remaja bahkan anak-anak.

Dimulai sejak Senin (25/6/2018) lalu, setiap malam sebuah lakon diperankan. Berakhir di Sabtu (30/6/2018) sebanyak 24 dalang dari 12 kecamatan berama kontingen di hadirkan dalam ajang tersebut.

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan Kulonprogo Untung Waluyo menyatakan 24 dalang tersebut merupakan dalang yang berusia muda. Terdiri dari 12 dalang anak danĀ  12 dalang remaja, dalang tersebut akan membagi peran dalam menceritakan sebuah lakon.

"Satu hari ada dua Dalang minimal, dan mereka dari kecamatan berbeda," ungkapnya.

Lebih lanjut, Untung menjelaskan keberadaan mereka berguna untuk mempopulerkan kembali karya seni tersebut. Wayang yang sebagai warisan leluhur itu ia katakan sudah sepantasnya untuk dilestarikan.

Menambahkan, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulonprogo Joko Mursito menyatakan, seluruh dalang yang telah dan akan tampil itu telah menjalani pelatihan terlebih dahulu. Begitu juga pemain gamelan, seluruhnya terlebih dulu belajar di padepokan yang ditunjukkan.

"Ada mentornya, kalau dalang ya mentornya dalang, jadi tetap dalam pakemnya, walaupun nanti ada yang mengembangkan menjadi karya budaya lain," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan adanya program mentor ini dapat menghilangkan kesan bahwa profesi dalang merupakan profesi turunan. Yakni dengan adanya kegiatan ini anggapan seorang dalang lahir dari keluarga dalang akan berkurang.

"Jadi semua bisa belajar, agar turun menurun," ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement