Andalkan Angkringan Kopi Merapi, Sleman Berjaya di AOE 2018

Pengunjung mengunjungi Stand Kabupaten Sleman di acara Apkasi Otonomi Expo 2018, Minggu (8/7/2018).Ist - Humas pemkab Sleman
09 Juli 2018 15:15 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, SLEMAN—Kabupaten Sleman mengikuti Apkasi Otonomi Expo (AEO) 2018 yang diadakan Jumat (6/7/2018) sampai Minggu (8/7/2018). Dalam ajang tersebut, stan Kabupaten Sleman berhasil menjadi juara umum. Apkasi merupakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia.

AOE 2018 dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Jumat. Tema yang diangkat yaitu Meningkatkan Daya Saing Daerah Dalam Merebut Pasar Global. Dalam pelaksanaan AOE 2018, Kabupaten Sleman membuka stan dengan dikemas menggunakan bahan bambu yang menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Sleman.

"Stan didesain menggunakan latar belakang objek wisata Tebing Breksi, sementara materi yang dipamerkan adalah produk potensial yang sudah dibina oleh instansi terkait," ujar Kepala Bagian Perekonomian Setda Sleman, Emmy Retnosasi, Senin (9/7/2018).

Acara yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang itu juga melibatkan delapan orang pelaku UMKM, satu orang perwakilan dari Asosiasi Pengusaha Industri Makanan dan Minuman (Aspika), satu orang dari asosiasi batik Sleman Mukti Manunggal, satu orang dari Asosiasi Pasar Tani (Aspartan) dan dan sisanya UKM mandiri. Selama tiga hari AOE digelar nilai transaksi di stan Kabupaten Sleman mencapai Rp85 juta. "Setiap hari hampir tak pernah sepi pengunjung. Salah satu daya tarik yang menjadi magnet adalah pojok angkringan yang menyajikan kopi merapi milik Sumijo," kata Emmy. Selain itu juga ada wedang secang, nasi kucing, gorengan dan praktik membatik yang diiringi dengan alunan musik gamelan

Tujuh kategori penilaian stan yang dilombakan di antaranya stan favorit, stan kreatif, stan inspiratif, stan komunikatif, stan special design, stan terfavorit dan stan juara umum. Stan Kabupaten Sleman menjadi juara umum juga menyabet dua kategori lainnya, yaitu juara tiga komunikatif dan juara tiga special design. "Kabupaten Sleman menjadi satu-satunya peserta yang menjadi juara di lebih dari satu kategori," ujar Emmy.

Emmy berharap agar prestasi yang diraih dapat menjadi pemicu semangat dalam rangka membangun Kabupaten Sleman. "Acara ini juga dapat menjadi sarana promosi multi sektor sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai tambah bagi pelaku UMKM di Sleman," katanya.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia