Duh, Monyet Ekor Panjang Kembali Bikin Resah Warga Gunungkidul

Ilustrasi monyet ekor panjang. - Harian Jogja
05 Agustus 2018 14:20 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Serangan hewan liar kembali merepotkan warga. Kali ini warga Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul dibikin resah dengan munculnya monyet ekor panjang yang merusak lahan pertanian milik mereka.

Monyet-monyet itu turun gunung diduga lantaran makanan di habitatnya habis. Beberapa petani di Dusun Gedora serta Batur, Desa Putat kerepotan untuk bertani lantaran serangan monyet itu.

Salah seorang warga Dusun Batur, Mugimin mengatakan berbagai tanaman mulai kacang tanah, jagung bahkan hingga padi mulai rusak dan tidak bisa dipanen karena banyak yang rusak. “Memang bukan kali ini saja serangan monyet, beberapa kali terjadi, namun ini lebih cepat dari biasanya. Mungkin karena persediaan makannya sudah habis. Sepertinya dari daerah Gunung Api Purba Nglanggeran,” kata Mugimin, Minggu (5/8/2018).

Dia mengatakan berabagai upaya sudah dilakukan petani mulai dari ronda untuk mengusir monyet itu, memasang jaring pengaman, namun upaya tersebut juga tidak berhasil lantaran monyet masih bisa lolos untuk mengambil tanaman warga.

Monyet tersebut diakui Mugimin kerap terlihat di daerah air terjun Banyunibo, dan sering muncul di lahan pertanian warga. Menurutnya sejumlah petani memilih tidak menanam lahan mereka sementara.