Advertisement

Penampilan para ABK dalam Operet Ini Keren!

Abdul Hamied Razak
Senin, 06 Agustus 2018 - 10:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Penampilan para ABK dalam Operet Ini Keren! Penampilan Operet Timun Mas dari ABK SLB Negeri 2 Jogja yang digelar LPDK Kemuning Kembar dan Nivea di Taman Budaya Yogyakarta, Minggu (5/8/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Anak-anak berkebutuhan khusus jika dilatih dengan benar juga bisa mengekspresikan potensi seni yang dimilikinya. Hal itu juga yang dilakukan anak-anak SLB Negeri 2 Jogja.

Meski didampingi ibunya, para ABK ini bermain operet Timun Mas di Taman Budaya Yogyakarta, Minggu (5/8/2018). "Butuh waktu sembilan bulan persiapan menyajikan kesenian ini. ABK yang terlibat mendapatkan beragam terapi. Banyak terapi yang diberikan salah satunya terapi seni yang menekankan pada aspek kemampuan potensi ABK," kata Ketua Lembaga Pengembangan Diri dan Komunitas Kemuning Kembar Indria Laksmi Gamayanti.

Advertisement

Lamanya persiapan yang dilakukan tidak terlepas metode yang digunakan. Termasuk menyiapkan psikologi ABK untuk bisa tampil maksimal menyajikan operet tersebut. Tidak hanya bagi ABK, psikologi orang tua juga disiapkan. Seluruh sesi ini disesuaikan dengan karakter orang tua dan ketunaan ABK. Para ibu diberikan materi mulai dari memahami anak, bagaimana cara mengelola emosi dan menjadi pendengar yang baik, alternatif dalam berkomunikasi terhadap anak berkebutuhan khusus, sampai mengenali potensi pada anak untuk masa depan mereka.

Seluruh sesi ini dilaksanakan dengan berbagai pendekatan, seperti bermain peran. "Tidak mudah mengasuh dan melatih para ABK sehingga proses pelatihan dilakukan dengan bergaram topik. Salah satunya proses interaksi dan relasi berkesadaran dengan rasa dan membangkitkan kemampuan ABK. Termasuk bagaimana orang tua mampu mengendalikan emosinya," kata Laksmi.

Kayakinan Laksmi para ABK mampu menyajikan operet Timun Mas semakin kuat manakala mereka diajak outbound. Selama kegiatan outbound berlangsung ternyata para ABK mampu melakukan banyak hal sesuai kemampuan. Seperti melakukan susur sungai hingga menuruni jalan yang ABK melakukan susur sungai turun jalan curam ternyata
mereka bisa melakukan dengan baik.

"Beruntung kami bisa menggandeng Nivea yang berkomitmen peduli dan mendukung para ibu dan ABK untuk pementasan operat ini, pentas kegembiraan dan bersenang-senang ABK dan orang tua," kata Laksmi.

Kepala SLB Negeri 2 Jogja Tunzinah merasa bangga anak didiknya mampu tampil baik di atas panggung. Dia melihat kerjasama dan keakraban orang tua dan ABK lebih terjalin. "Mereka sangat antusias dalam persiapan program ini. Ibu tampil dengan luar biasa bersama anaknya," katanya.

Menurutnya, pemberdayaan ibu menjadi kunci penting untuk menyelesaikan masalah ABK. Partisipasi aktif orang tua bisa juga memperkuat lingkungan sosial sehingga mereka dapat mengembangkan rasa memiliki, memperoleh keterampilan dan meraih peluang untuk mengembangkan potensi ABK.

Media Manager PT Beiersdorf Indonesia Diana Riaya mengatakan pihaknya memiliki peran untuk memberdayakan para ibu yang memiliki ABK. Caranya dengan meningkatkan kapasitas dan kepercayaan diri para ibu melalui program parents advisory program dan training for trainers.

"Support system bagi para ibu dengan memberikan pengetahuan dan motivasi yang dibutuhkan sangat penting untuk membantu potensi yang dimiliki ABK," katanya.

Kepala Seksi Perencanaan Bidang Perencanaan dan Standarisasi Pendidikan Disdikpora DIY Bahtiar Nurhidayat berharap orang tua memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik untuk mengurus ABK.

"Kemampuan itu penting untuk mengembangkan ABK. Kegiatan operet ini bisa menjadi inspirasi bersama agar para ABK dapat mandiri hingga berkiprah di masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement