Pengerjaan Lahan Parkir Baru untuk Becak Malioboro Dimulai Pekan Depan

Becak di Malioboro - Harian Jogja/ Desi Suryanto
08 Agustus 2018 15:37 WIB Salsabila Annisa Azmi Jogja Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA-Pendopo eks tugu KB yang digunakan untuk penambahan kapasitas parkir becak kayuh di Malioboro akan mulai dibongkar pekan depan. Penyelesaian proyek tersebut ditargetkan sesuai dengan rampungnya proyek revitalisasi Malioboro.

Kepala Seksi Penyelenggaraan, Dinas Perhubungan Kota Jogja Muhammad Zandaru Budi mengatakan, pembongkaran akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan DIY. Pembongkaran sendiri akan ditargetkan selesai pada September.

"Belum langsung bisa dipakai, akan dipercantik dulu dengan desain dan itu eksekusinya oleh Dinas PU Provinsi," kata Zandaru, Rabu (8/8/2018).

Zandaru mengatakan, diprediksi lahan di pendopo tersebut akan siap digunakan pada November. Nantinya lahan tersebut akan memberi tambahan kapasitas parkir becak kayuh sebanyak 50 unit. Harapannya permasalahan kapasitas cowekan di sisi Barat Malioboro yang dianggap kurang oleh para pengemudi becak bisa teratasi.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan, teknis pembongkaran pendopo eks tugu KB masih akan dirapatkan dengan dinas terkait. "Kita targetkan tiga bulan pembongkaran sudah selesai. Akhir November sudah selesai sama pembangunannya," kata Sigit.

Sigit mengatakan, nantinya juga akan diletakkan pohon perindang dan stop kontak untuk memfasilitasi tempat istirahat para pengemudi becak. Sigit berharap dengan fasilitas tersebut pengemudi becak dapat memanfaatkannya dengan baik.

Namun Sigit tak menampik bahwa kapasitas parkir di pendopo eks tugu KB terbatas. Oleh karena itu, para pengemudi becak harus menggunakannya dengan sistem shift, sama dengan penggunaan lahan parkir di cowekan sepanjang sisi Barat Malioboro.

Ad Tokopedia