Advertisement

Jasa Raharja Hibahkan Ambulans Khusus Korban Lakalantas

Abdul Hamied Razak
Selasa, 28 Agustus 2018 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
Jasa Raharja Hibahkan Ambulans Khusus Korban Lakalantas Kepala Jasa Raharja Cabang Jogja R.M Wahyu Widodo menyerahkan secara simbolis satu unit mobil ambulance kepada Direktur RS Bethesda Jogja Sugianto, Selasa (28/8/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Untuk meningkatkan pelayanan korban kecelakaan lalu lintas, PT Jasa Raharja Cabang Jogja menghibahkan mobil ambulans ke RS Bethesha Jogja, Selasa (28/8).

Kepala Jasa Raharja Cabang Jogja R.M Wahyu Widodo menjelaskan mobil tersebut satu dari 13 mobil ambulans yang dihibahkan Jasa Raharja di sejumlah lokasi. "Di DIY kami hibahkan untuk RS Bethesda. Rumah sakit ini termasuk yang paling aktif melakukan penanganan korban lakalantas," katanya usai kegiatan penyerahan mobil ambulans di RS Bethesda Jogja.

Advertisement

Dia menjelaskan mobil ambulans yang dihibahkan tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan khusus menangani korban lakalantas. Selain dilengkapi oksigen, ambulans tersebut bisa memberikan pertolongan pertama bagi korban. "Ini berguna agar korban bisa langsung ditangani di lokasi dan untuk mengurangi korban jiwa," katanya.

Di Jogja Jasa Raharja bekerjasama dengan 40 RS untuk menangani korban laka lantas. Sebagai BUMN, Jasa Raharja siap memberikan asuransi lakalantas, santunan bagi korban lakantas, baik pejalan kaki, kecelakaan murni maupun angkutan umum. "Untuk perawatan korban laka lantas di RS, maksimal kami berikan Rp20 juta," katanya.

Sementara itu, Direktur RS Bethesda Jogja Sugianto mengatakan jumlah kasus lakalantas yang ditangani meningkat. Selama 2017, ada sekitar 400 korban lakalantas. "Sejak Januari hingga Agustus ini data yang masuk sekitar 300 korban. Kami menyiapkan satu tim khusus untuk menangani lakalantas di UGD," katanya.

Menurutnya, bertambahnya armada ambulans diharapkan bisa mempercepat penanganan korban lakalantas. "Mobil ini kami prioritaskan untuk korban lakalantas karena peralatannya cukup lengkap. Perawat dan dokter yang dikirim bisa langsung bekerja dalam perjalanan karena mobil ini mirip IGD mini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement