Advertisement

10 Ton Lele di Selokan Mataram Peringati Bergabungnya Keraton Yogyakarta ke NKRI

Irwan A Syambudi
Sabtu, 01 September 2018 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
10 Ton Lele di Selokan Mataram Peringati Bergabungnya Keraton Yogyakarta ke NKRI Kraton Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com SLEMAN-Sebanyak 10 ton ikan lele bakal disebar dalam acara mancing bersama di Selokan Mataram. Acara ini sebagai peringatan bergabungnya Keraton Ngyogyakarta Hadiningrat ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Acara yang bakal dilaksanakan pada Minggu (9/9/2018) ini diselenggarakan oleh Relawan Jokowi Ma'ruf Amin (Rejomulia). Menurut Sekjen Rejomulia, Andreas Andi Bayu, meskipun acara ini diselenggarakan oleh pendukung Calon Presiden Jokowi dan Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin, tetapi acara ini bukan merupakan kampanye.

Advertisement

"Ini tidak kampanye, memang yang menyelenggarakan relawan [Rejomulia]. Kami tidak kampanye sama sekali, hanya memang karena sebagai peringatan peristiwa bergabungnya Keraton Yogyakarta ke NKRI," kata dia, kepada Harianjogja.com, Sabtu (1/9/2018).

Menurut Andreas acara mancing ini konsepnya adalah untuk mengangkat nilai historis Selokan Mataram yang merupakan salah satu ikon di DIY. Ia berharap masyarakat dapat kembali memperhatikan, menjaga, dan melestarikan Selokan Mataram.

"Selokan Mataram itu adalah salah satu ikon Jogja. Dan pada 5 September ini kita memperingati bergabungnya Keraton Yogyakarta ke NKRI. Oleh karena itu kami ingin memperingati spirit dan amanat 5 September 1945. Selain itu kami juga ingin memperingati perjuangan zaman Sultan HB IX saat membangun Selokan Mataram," ujarnya.

Untuk itu ia berharap agar masyarakat dapat menikmati acara ini. Selain memancing ia mempersilakan masyarakat untuk berjualan, ataupun membuat dokumentasi video saat acara berlangsung. "Tapi yang paling penting harus menjaga kebersihan," kata Andreas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement