Advertisement

Hore, Dana Desa Tahap Ketiga di Sleman Mulai Dibagikan

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 18 September 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Hore, Dana Desa Tahap Ketiga di Sleman Mulai Dibagikan Ilustrasi - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Penyaluran dana desa untuk Kabupaten Sleman masuk tahap ketiga atau tahap akhir. Pekan ini, dana mulai ditransfer ke rekening kas desa. Pada tahap pertama dan kedua, rata-rata serapan DD di tiap desa mencapai 78%.

Kepala Seksi Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sleman, Agung Endarto, mengatakan dana desa di Sleman pada tahap ketiga mulai ditransfer ke masing-masing rekening kas desa. "Mudah-mudahan pekan ini sudah masuk semua," katanya saat ditemui Harian Jogja, Selasa (18/9/2018). Agung mengatakan masih ada 19 desa yang belum memenuhi syarat pencairan dana desa tahap ketiga. "pencairan dana desa untuk 19 desa ditunda sampai desa memenuhi persyaratan," ujar Agung.

Advertisement

Menurut Agung, dana desa bisa cair apabila serapan dana desa mencapai minimal 75%. Saat ini serapan dana desa di Sleman rata-rata mencapai 78%. Pada tahap ketiga, dana desa yang dikucurkan sebanyak 40% dari total dana desa yang diterima selama setahun. Tahun ini total dana desa untuk semua desa di Sleman mencapai Rp81,1 miliar. Dibanding tahu lalu, jumlah dana desa tahun ini meningkat Rp1 miliar.

Sebelumnya pencairan dana desa tahap pertama dilakukan pada Maret, kemudian disusul pencairan tahap kedua pada April. Pada tahap pertama, dana desa yang dikucurkan yaitu 20% dari total keseluruhan dalam setahun, sementara tahap kedua sebesar 40%.

Alokasi dana desa untuk masing-masing desa berbeda proporsinya tergantung pada kondisi desa. Agung mencontohkan Desa Wonokerto, Kecamatan Turi yang menerima dana desa paling banyak yaitu Rp1,2 miliar. Desa Wokokerto mendapat dana desa paling banyak lantaran tingkat kemiskinan yang masih tinggi dan wilayah yang cukup luas. Jumlah dana desa paling sedikit diperoleh Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem sebanyak Rp800 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement