Advertisement

Tidak Ada Tanaman Gagal Panen di Bantul

Ujang Hasanudin
Kamis, 20 September 2018 - 08:10 WIB
Laila Rochmatin
Tidak Ada Tanaman Gagal Panen di Bantul Ilustrasi kemarau di ladang pertanian - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul mengklaim sejauh ini belum ada laporan gagal panen dari petani di Bantul, meski terjadi kemarau lebih panjang dibanding tahun lalu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan DP2KP Bantul Yunianti Setyorini mengatakan sejak jauh hari pihaknya sudah mengantisipasi dampak kemarau terhadap tanaman. "Misalnya untuk daerah yang memang tidak bisa ditanami padi petani tanam hortikultura maupun palawija yang sesuai kebutuhan air," kata Yuni, Rabu (19/9/2018).

Advertisement

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY, awal musim penghujan baru terjadi pada November mendatang. Petani harus menyesuaikan diri untuk sementara tidak menanam padi di daerah yang pasokan airnya minim.

Kasi Produksi, DP2KP, Ishartati menambahkan jelang masa pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim hujan ini masih belum dianjurkan menanam padi untuk wilayah yang pasokan airnya sedikit. Namun bisa dengan tanaman hortikultura seperi sayuran dan buah.

Untuk wilayah Dlingo dan Sedayu sebagian besar petani sudah mempersiapkan untuk menanam kacang kedelai dan sayuran. "Ada sekitar 80 hektare yang sudah siap tanam kedelai di Dlingo," kata Ishartati.

Meski awal musim penghujan terjadi November, namun beberapa irigasi yang sempat mengering kemungkinan mulai normal pada akhir September ini, karena adanya hujan di wilayah utara. Karena itu pihaknya meminta petani untuk mulai membersihkan saluran irigasi agar aliran lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement