Advertisement

Ada Pesta Liong dan Taria-tarian Klasik di Festival Kue Bulan 2018

Bhekti Suryani
Minggu, 23 September 2018 - 09:50 WIB
Bhekti Suryani
Ada Pesta Liong dan Taria-tarian Klasik di Festival Kue Bulan 2018 Kelompok Hoo Hap Hwee memainkan atraksi liong pada saat warga Tionghoa Jogja merayakan perayaan Tiong Ciu atau perayaan Bulan Purnama di halaman Klenteng Tjen Lig Kiong Jl. Poncowinatan, Jogja, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) kembali mengadakan perayaan Tiong Chiu Chue (Zhong Qiu Jie) atau Festival Kue Bulan di Kelenteng Tjen Ling Kiong (Kelenteng Poncowinatan) Jogja. Tiong Chiu Chue tahun ini jatuh pada Senin, 24 September 2018.

Tahun ini perayaan Tiong Chiu Chue mengangkat tema Kebersamaan dalam Keberagaman. Panitia Perayaan Tiong Chiu Chue dari JCACC Ui Liong Ho mengatakan rangkaian acara yang akan digelar antara lain doa bersama untuk keselamatan negeri dari para pemuka agama dan aliran kepercayaan.

Advertisement

“Selain itu terdapat rangkaian acara seperti fragmen Dewi Bulan yang menjadi latar belakang perayaan ini, Liong Dupa, Liong Putra dan Liong Putri Hoo Hap Hwee, tari-tarian klasik, Diabolo [Chinese Yoyo] dan flashmob muda-mudi JCACC,” ujar dia melalui rilis, Sabtu (22/9/2018).

Tiong Chiu Chue atau yang disebut juga Mid Autumn Festival atau Moon Cake Festival dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek. Memakan Tiong Chiu Pia pada hari raya tersebut adalah adat-istiadat warga Tionghoa. Kue bulan yang berbentuk bulat melambangkan reuni dan keutuhan keluarga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement