Advertisement

Dinas Pertanian Bakal Kembangkan Sentra Kebun Durian di Prambanan

Fahmi Ahmad Burhan
Minggu, 23 September 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Dinas Pertanian Bakal Kembangkan Sentra Kebun Durian di Prambanan Ilustrasi Durian - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pertanian Pangan dan Pertanian (DP3) Sleman bakal mengembangkan komoditas durian di Kecamatan Prambanan dengan target membuat sentra pengembangan dengan luas lahan 100 hektare untuk kelompok masyarakat kurang mampu.

Kepala DP3 Sleman, Heru Saptono, mengatakan pada 2019 jajarannya menargetkan membuat sentra pengembangan durian di Prambanan. “Kami sebelumnya belajar ke Banyumas karena sentra durian di sana sudah maju. Kami melihat ada durian yang cocok untuk dikembangkan di Sleman, dan kami memilih untuk mengembangkan di Kecamatan Prambanan," ujar Heru, Minggu (23/9/2018).

Advertisement

Menurut Heru, varietas yang akan dikembangkan yaitu durian musang king dan durian montong. DP3 bakal membuat sentra pengembangan durian di Prambanan dengan luas lahan 100 hektare. Lahan tersebut akan dikelola juga untuk pemberdayaan masyakarat kurang mampu di Prambanan atau kelompok afinitas. “Kami akan mengajukan proposal ke Kementerian Pertanian pada 2019. Untuk tahap awal kami bakal memberdayakan sekitar 10 KK sampai 100 KK, baru kemudian kami memberdayakan kelompok afinitas di wilayah lain,” kata Heru.

Heru mengatakan jajarannya memilih komoditas durian karena dari segi umur produksi yang relatif cepat dan dari segi harga relatif bisa memberi tantangan karena tinggi. “Seandainya masing-masing kepala keluarga memiliki lima pohon saja, dan satu kilogram durian bisa laku Rp30.000 sampai Rp40.000, tiga tahun ke depan mereka bisa memanen hasil dengan baik,” katanya. Ia berharap nantinya dengan pengembangan komoditas durian bisa memberdayakan masyarakat sekitar. “Harapannya nanti di sekitar Jalan Prambanan-Piyungan bisa ada yang jualan durian,” ujar Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement