Asyiknya Siswa SD Tumbuh 1 Belajar Bersama Wartawan di Harian Jogja

Wartawan Harian Jogja, Nina Atmasari memberikan penjelasan pada siswa SD Tumbuh 1 Jogja, di kantor Harian Jogja, Kamis (11/10/2018) pagi. - Ist/ dok Harian Jogja
11 Oktober 2018 13:37 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Ada pemandangan berbeda di kantor Harian Jogja, Kamis (11/10/2018) pagi. Puluhan anak tampak memenuhi ruang rapat di kantor media ini.

Mereka adalah siswa SD Tumbuh 1 Jogja yang sedang melakukan mini trip. Sebanyak 20 siswa kelas IV datang didampingi oleh tiga orang guru. Mereka diterima wartawan Harian Jogja, Nina Atmasari.

Pada kesempatan itu Nina mengenalkan anak-anak tentang koran Harian Jogja dan profesi wartawan. Kepada para siswa yang rata-rata berusia 10 tahun itu, Nina bercerita tentang tugas-tugas wartawan serta suka-duka menjadi wartawan.

Penjelasan ini rupanya menarik perhatian para siswa. Sejumlah siswa antusias bertanya tentang pekerjaan menjadi wartawan. Sakalaguna Medha Sankara misalnya. Ia bertanya tentang bagaimana orang-orang tahu ketika seseorang adalah wartawan.

Menjawab pertanyaan itu, Nina menyebutkan setiap wartawan pasti memiliki kartu pers, yang diberikan oleh media tempatnya bekerja. Saat bekerja, wartawan harus selalu membawa atau bisa menunjukkan kartu pers sehingga orang lain tahu bahwa wartawan itu berada di lokasi untuk meliput berita.

Guru pendamping, Yanuartin menjelaskan kegiatan itu merupakan bagian dari integrated learning, yakni belajar tentang berbagai jenis ilmu secara terpadu. Di antaranya adalah Pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis dan pelajaran IPS tentang jenis-jenis pekerjaan.

"Sebelumnya, kami sudah memberikan materi di dalam kelas. Selanjutnya, kami mengajak mereka untuk belajar langsung tentang berbagai ilmu yang telah mereka dapatkan tersebut," katanya.