Merti Dusun Pertama Kali, Pedukuhan Kalongan Gelar Kirab Budaya

Warga Padukuhan Kalongan melaksanakan Atraksi Budaya Kirab dalam acara Merti Dusun, Sabtu (20/10/2018). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
20 Oktober 2018 23:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pedukuhan Kalongan, Tlogoadi, Mlati menggelar Atraksi Budaya Kirab dalam rangka Merti Dusun yang pertama kali dilaksanakan di Pedukuhan tersebut. Atraksi Budaya Kirab tersebut dilaksanakan pada Sabtu (20/10/2018).

Rangkaian acara merti dusun yang bertema "Gumbregah Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe" ini dimulai pada 11 Oktober dengan doa bersama pada malam Jumat Kliwon di sembilan titik di pedukuhan Kalongan.

"Doa bersama di 9 titik karena disini [Pedukuhan Kalongan] terdapat 9 RT," kata Dukuh pedukuhan Kalongan Bibit Hartaya kepada Harianjogja.com, Sabtu (20/10/2018)

Setelah doa bersama dilanjutkan dengan kenduri masal dan pengajian pada 12 Oktober dari sore hingga malam. Pada 13 Oktober digelar pagelaran Kethoprak dari muda-mudi Pedukuhan Kalongan, dan kesenian Jathilan pada 14 Oktober. Lalu dilanjutkan dengan Atraksi Budaya Kirab dan malam puncak pada 20 Oktober.

Bibit Hartaya mengatakan merti dusun ini dilaksanakan sebagai rasa syukur warga pedukuhan Kalongan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan di Pedukuhan Kalongan dengan tanah yang subur, tanaman yang berbuah, dan lingkungan yang aman dan nyaman.

"Atraksi budaya kirab ini akan dilaksanakan mengelilingi dusun, sebelum malam puncak," ujarnya.

Budaya Kirab yang digelar di Pedukuhan Kalongan menampilkan Drum Band, Hadro, Prajurit dan Srikandi Kalongan, Pasukan Wayang Orang, Pasukan Kelompok Tani, Pasukan Kelompok Ikan, Pasukan Kalong, dan Jathilan.

"Dengan adanya merti dusun ini, saya berharap agar warga di Pedukuhan Kalongan semakin rukun, sehingga bisa sama-sama memajukan Pedukuhan Kalongan tanpa pamrih," katanya.