Advertisement

SEKATEN 2018: Macet Total, dari Taman Siswa ke Wijilan Satu Jam

Abdul Hamied Razak
Minggu, 04 November 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
SEKATEN 2018: Macet Total, dari Taman Siswa ke Wijilan Satu Jam Ilustrasi PMPS Sekaten. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejak resmi dibuka pada Jumat (2/11/2018), jumlah pengunjung ke Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-alun Utara Jogja terus membludak. Diperkirakan, dalam satu malam jumlah kunjungan ke Sekaten pada Sabtu (3/11) lebih dari 20.000 orang.

Dampaknya, arus lalu lintas di jalan-jalan menuju Alun-alun Utara pun macet total. Belum lagi jarak tempuh pengunjung pun menjadi panjang.

Advertisement

Seperti yang dialami Listiani, mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta PTS yang indekos di Jl. Taman Siswa (Tamsis), Jogja. Dia mengaku perjalanan dari Tamsis ke arah Plengkung Wijilan (lokasi parkir PMPS) memerlukan waktu sampai sekitar satu jam. "Kalau arus lancar dari Tamsis ke Alun-alun Utara biasanya gak sampai 10 menit. Kemarin (Sabtu malam) dari Plengkung Wijilan sampai ke area Sekaten yang hanya berjarak 100 meter butuh waktu 30 menit. Itupun penuh perjuangan," katanya kepada Harian Jogja, Minggu (4/11).

Meski berdesak-desakan, ia mengaku jika kondisi tersebut terbilang wajar. Selain karena weekend, PMPS baru dibuka beberapa hari lalu. Hanya, dia berharap ketika kondisi lalu lintas macet seperti itu petugas penjaga dan pengaturan lalu lintas ditambah.

"Ada baiknya arus ke luar dan masuk ke area Sekaten dibedakan. Yang ke Jalan Ibu Ruswo buat masuk yang ke Titik Nol Kilometer buat keluar, atau sebaliknya. Selain itu perlu diberi sekat pemisah agar arus lalin lancar," kata dia.

Camat Gondomanan Agus Arif mengakui jika jumlah pengunjung Sekaten di akhir pekan sangat tinggi. Hal itu menurut dia, semakin menegaskan bahwa PMPS masih jadi magnet luar biasa masyarakat.

Saking tingginya jumlah pengunjung yang datang, pihaknya mendapatkan laporan salah seorang pengunjung pingsan. "Saat akan keluar dari area Sekaten di Jalan Ibu Ruswo, ada seorang pengunjung yang pingsan. Mungkin karena kecapekan dan berdesak-desakan. Tapi sudah ditangani dengan baik," kata Agus.

Agar kasus serupa tidak terulang lagi, dia berharap para pengunjung ke PMPS bisa mengikuti arahan petugas di lapangan. Dia juga mengimbau agar masyarakat bisa berkunjung di area PMPS di hari-hari selain weekend.

Jika memang situasi menuju lokasi PMPS telah padat, kata Agus, maka pengunjung disilahkan memarkirkan kendaraan di luar area PMPS. "Jika terasa capai, silakan beristirahat di area kuliner Alun-alun atau di pedestrian Jalan Pangurakan," katanya.

Para pengunjung juga diminta untuk melihat kondisi lalu lintas lalin saat akan meninggalkan area Alun-Alun Utara. Saat arus lalu lintas landai, pengunjung bisa meninggalkan area PMPS sehingga terjadi penumpukan di jam-jam yang sama.

Senada, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Jogja Golkari Made Yulianto mengatakan jumlah kunjungan ke Sekaten saat akhir pekan memang sangat tinggi. Kondisi yang sama juga lumrah terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. "Ke Sekaten seharusnya tidak harus malam Minggu. Bisa di luar weekend. Kalau semua pengunjung tumpah ruah pada weekend, meski kami sudah lakukan rekayasa lalu lintas tetap saja macet," katanya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengendalian dan Pengawasan Perdagangan Disperindag Kota Jogja Evi Wahyuni mengatakan jumlah pengunjung mulai membeludak sejak PMPS mulai dibuka resmi Jumat lalu. Dia memprediksi, jumlah pengunjung Sekaten pada weekend ini lebih dari 20.000 pengunjung. "Ini sesuai perkiraan kami. Makanya saat weekend kemarin, jumlah kunjungan penuh sesak," katanya.

Menurut Evi, salah satu daya tarik dari Sekaten ini adalah adanya beragam wahana permainan dan hiburan baik untuk anak-anak maupun dewasa. Apalagi taifnya relatif terjangkau. "Kami berharap agar pelaksanaan Sekaten bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sesuai tujuan dari digelarnya PMPS tahun ini," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement