Advertisement

Ratusan Warga Asing Bakal Jalan Kaki 10 Kilometer Lintasi Sleman

Sunartono
Selasa, 13 November 2018 - 09:50 WIB
Bhekti Suryani
Ratusan Warga Asing Bakal Jalan Kaki 10 Kilometer Lintasi Sleman Kegiatan Jogja International Heritage Walk (JIHW) yang pernah digelar sebelumnya. - Ist/JIHW

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- DIY kembali akan menggelar Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2018 pada Jumat (16/11/2018) hingga Minggu (18/11/2018). Dalam event kali ini akan ditetapkan rute permanen untuk jalan kaki sepanjang 10 kilometer yang akan melewati empat desa di dua kecamatan di Sleman.

Sekjen Jogja Walk Association (JWA) Fitriani Kuroda menjelaskan pelaksanaan JIHW tahun ini sekaligus menetapkan rute jalan kaki sepanjang 10 kilometer. Rute permanen diharapkan bisa menjadi referensi bagi wisatawan asing yang ingin melakukan jalan kaki.

Advertisement

Penentuan rute ini telah melalui proses survei dan kajian bersama dengan mempertimbangkan daya tarik dan potensi lokal. Adapun rute ini akan melewati 10 dusun pada empat desa di Sleman, antara lain Desa Donokerto dan Girikerto di Kecamatan Turi serta Desa Trimulyo dan Pendowoharjo di Kecamatan Sleman.

"Harapannya dengan adanya rute permanen ini bisa terjadwalkan setiap saat secara internasional, kalau orang luar negeri ingin jalan kaki dimana sih, di Jogja ya di rute ini dengan menampilkan nuansa heritage," terangnya, Senin (12/11/2018).

Ia menjelaskan, rute yang ditetapkan itu bukan rute biasa, sebagian besar dusun memiliki potensi wisata lokal. Mulai dari keberadaan Salak Pondoh hingga produksi susu kambing etawa hasil peternakan warga. Rute tersebut tidak semuanya merupakan jalan yang telah dikeraskan namun juga melewati sejumlah titik jalan setapak. "Rute ini akan diresmikan sebagai permanent walk 10 km standart route IVV [internationaler volkssport verband] yang juga bisa dipakai untuk pejalan kaki lokal berlatih jalan kaki," katanya.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata DIY Imam Pratanadi menambahkan JIHW 2018 akan diikuti sebanyak 350 peserta dari luar negeri mereka berasal dari 25 negara, sedangkan peserta dari lokal dan nasional saat ini terkonfirmasi lebih dari 1.000 orang. Dengan adanya rute permanen diharapkan ke depan DIY menjadi referensi jalan kaki baik secara naisonal dan internasional. "Kami meyakini event tahunan ini selalu mendatangkan wisatawan dan mampu meningkatkan kunjungan," katanya.

Dalam event JIHW 2018 ini pada hari pertama akan dibuka di Dusun Kalangan, Trimulyo, Sleman sebagai pra event. Kemudian hari kedua dilanjutkan dengan jalan kaki dengan start dan finish di Lapangan Brahma Candi Prambanan dan hari ketiga jalan kaki rute permanen yang melewati 10 dusun di Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement