Advertisement

TNI Akan Diperkuat 15 Penerbang Baru

Yogi Anugrah
Kamis, 15 November 2018 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
TNI Akan Diperkuat 15 Penerbang Baru Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna menandatangani berita acara pelantikan 15 penerbang muda lulusan Sekbang A-94/PSDP A-31 dalam upacara militer Wingday dan Praspa Penerbang TNI pada Rabu (14/11/2018) di Lapangan Jupiter Adisucipto. - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna melantik 15 penerbang muda lulusan Sekolah Penerbangan (Sekbang) A-94/PSDP A-31 dalam upacara militer Wingday dan Praspa Penerbang TNI pada Rabu (14/11/2018) di Lapangan Jupiter Adisutjipto. 15 penerbang muda ini selanjutnya akan memperkuat skadron di jajaran TNI Angkatan Darat.

"15 penerbang muda ini terdiri dari empat penerbang jurusan fix wing dan 11 penerbang rotary," kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Rabu (14/11/2018).

Advertisement

Ke-15 penerbang ini, kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna hanya menempuh pendidikan sekitar dua tahun, sejak 20 Juni 2016 hingga 13 November 2018 dengan tahapan pendidikan yang dilaksanakan meliputi bina kelas dan bina terbang.

Tahapan bina terbang terbagi menjadi bina terbang latih dasar yang dilaksanakan Skadron Pendidikan (Skadik) 101 menggunakan pesawat Grob.

Bina terbang latih lanjut dilaksanakan di Skadik 102 untuk jurusan Fix Wing menggunakan pesawat KT-1B Woong Bee, sedangkan jurusan Rotary Wing dilaksanakan oleh Lanud Suryadharma Kalijati menggunakan pesawat Colibri.

"Ini untuk menyikapi penambahan Alutsista di Angkatan Darat, dan kami setiap tahun akan melantik penerbang-penerbang muda," ucapnya.

Pada pelantikan itu, Muhammad Iqbal Januar menjadi lulusan terbaik Jurusan Fix Wing diantara tiga siswa lainnya dan Rio Risky menjadi lulusan terbaik Jurusan Rotary diantara 10 siswa lainnya.

Menurut Rio Risky, giat belajar, berdoa, dan meminta restu orang tua merupakan tips untuk menjadi lulusan terbaik. Pada awalnya, kata dia, ia tidak bercita-cita untuk menjadi penerbang, namun ternyata ketika lulus SMA, ia diterima untuk melanjutkan ke sekolah penerbang.

"Saya siap lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara," ujarnya.

Di penghujung upacara tersebut, juga dimeriahkan oleh penampilan memukau dinamic show dari Jupiter Aerobatic Tim, fly past empat pesawat Grob, satu pesawat Cesna serta satu pesawat Colibri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement