Advertisement

Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Malioboro Dipastikan Dilakukan Tahun Depan

Abdul Hamied Razak
Selasa, 20 November 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Malioboro Dipastikan Dilakukan Tahun Depan Arus lalu lintas di Jalan Malioboro Jogja mulai padat, Sabtu (15/6/2018) sore. - Harian Jogja/I Ketut Sawitra Mustika

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Rencana uji coba rekayasa dan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Malioboro belum bisa dilakukan tahun ini. Rencana tersebut dipastikan baru diterapkan pada tahun depan.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Anna Rina menjelaskan keputusan penundaan pengalihan arus tersebut disepakati berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas sektoral yang digelar di Kantor Dishub DIY, Senin (19/11/2018). "Dari hasil rakor tersebut rencana uji coba [pengalihan arus] ditunda dengan sejumlah pertimbangan," kata Anna kepada Harianjogja.com, Selasa (20/11/2018).

Advertisement

Sejumlah pertimbangan yang mendasari di antaranya, kata Anna, masih adanya perayaan Sekaten dan Grebeg Maulud sehingga rencana uji coba yang rencananya dilakukan pada pekan ketiga bulan ini tidak bisa dilakukan. Selain itu, rencana tersebut juga tak bisa dilaksanakan selama Desember lantaran kunjungan wisatawan ke Jogja diperkirakan bakal mencapai puncaknya. "Sebentar lagi ada libur natal dan tahun baru yang biasanya Jogja didatangi banyak wisatawan sehingga dipastikan banyak kendaraan yang akan masuk kawasan tersebut," kata dia.

Pertimbangan lainnya, kata Anna, rencana uji coba tersebut perlu dilakukan sosialisasi yang masif sehingga bisa diketahui oleh khalayak. Termasuk masukan-masukan dari berbagai kalangan terutama dari kalangan anggota DPRD. Kalau dipaksakan digelar tahun ini, dikhawatirkan pelaksanaannya tidak akan optimal.

"Masih perlu sosialisasi dulu secara berulang kali agar masyarakat mengetahui program tersebut. Misalnya apa masukan dari DPRD Kota Jogja terkait rencana tersebut," ucap Anna.

Meski sudah dipastikan ditunda, Anna belum bisa memastikan kapan rencana uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Malioboro akan dilakukan. Dishub DIY belum memutuskan waktu tetap rencana untuk ujicoba.

Bisa saja, kata dia, uji coba itu dilakukan awal semester I/2019. "Waktu pastinya akan dibahas dan akan sosialisasi terlebih dahulu," kata Anna.

Kepala Dishub DIY, Sigit Sapto Raharjo menjelaskan sebenarnya personel siap untuk melaksanakan rekayasa lalin tersebut. Akan tetapi Dishub lebih memilih untuk melaksanakan beberapa pertimbangan yang dihasilkan dalam rapat.

Termasuk perlunya sosialisasi yang lebih massif agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. "Misalnya sosialisasi terkait jalur yang sebelumnya dua arah menjadi satu arah, itu sangat berpengaruh pada masyarakat," katanya.

Menurut Sigit, rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan baru seputar jalan yang mengitari kawasan Malioboro. Jalan Mayor Suryotomo sampai Jalan Mataram misalnya, akan menjadi satu arah ke utara; Jalan Pasar Kembang jadi satu arah ke barat; Jalan Gandekan Lor sampai Jalan Bhayangkara menjadi satu arah ke selatan. "Ada juga usulan, Jalan Abu Bakar Ali sampai Jalan Pasar Kembang dijadikan dua arah. Begitu juga Jalan Senopati hingga Ahmad Dahlan tetap dua arah. Dari pertimbangan-pertimbangan yang ada, kami sepakat untuk menunda pelaksanaan uji coba," ucap Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement