Advertisement

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi dan Hujan Deras Landa Wilayah DIY Bulan Ini

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 04 Januari 2019 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi dan Hujan Deras Landa Wilayah DIY Bulan Ini Ilustrasi hujan lebat. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jogja menyatakan gelombang laut di selatan Jogja untuk beberapa hari ke depan masih cukup tinggi yaitu berkisar 2,5-3 meter.

Hal lain yang perlu menjadi kewaspadaan masyarakat di Januari 2019 (kisaran dasarian 2 dan 3) hingga Februari dasarian 1 merupakan puncak musim hujan di DIY.

Advertisement

BMKG Stasiun Klimatologi Jogja juga memprediksikan jika periode puncak musim hujan di wilayah DIY akan mengalami peningkatan curah hujan, dengan curah hujan mencapai 100-200 mm/dasarian.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta Djoko Budiyono, mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar dapat mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi yang berpotensi muncul di puncak musim hujan seperti, bencana banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan petir.

Masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan liburan di wilayah pesisir pantai, nelayan, dan pengguna transportasi laut khususnya di pesisir selatan Pulau Jawa, diharapkan tetap waspada terkait dengan potensi angin kencang dan gelombang tinggi dan diharapkan untuk tidak berlayar menuju laut lepas.

Selain itu kapal kapal terutama perahu nelayan dan kapal-kapal ukuran kecil agar tidak memaksakan diri untuk melaut serta tetap waspada dan siaga dalam melakukan aktivitas pelayaran di wilayah dengan gelombang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement