Advertisement

Ijab Kabul Berbahasa Jawa, Putra Mahkota Paku Alam X Resmi Menikah

Sunartono
Sabtu, 05 Januari 2019 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
Ijab Kabul Berbahasa Jawa, Putra Mahkota Paku Alam X Resmi Menikah Prajurit Pakualaman mengawal pengantin putra masuk ke istana Pakualaman setelah akad nikah, Sabtu (5/1/2019). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Proses sakral Dhaup Ageng Puro Pakualaman berupa upacara akad nikah BPH Kusumo Bimantoro dengan Maya Lakhsita Noorya telah selesai dihelat di Kagungan Ndalem Masjid Agung Kadipaten Pakualaman, Sabtu (5/1/2018) pagi. BPH Kusumo Bimantoro kini resmi menjadi suami Maya dengan mahar Al-Qur'an dan seperangkat alat salat.

Upacara akad nikah dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Pengantin putra BPH Kusumo Bimantoro berjalan kaki dengan dikawal prajurit Puro Pakualaman dari istana menuju ke Masjid Kagungan Ndalem yang berjarak sekitar 100 meter.

Adapun akad nikah dimulai pukul 07.38 WIB, dengan saksi dari KPH Noto Atmojo dari pihak pengantin putra. Sedangkan saksi dari wanita yaitu Aryono. Pernikahan itu dilakukan oleh pihak penghulu dari KUA Pakualaman Nanang Kosim. Ujang Sihabudin dan Alfian Dharmawan sebagai ustadz yang memberikan khutbah.

Akad berlangsung dengan khidmat dengan dimulai dari Mandiyo Priyo selaku ayah dari Maya Noorya Lakhsita yang menikahkan.

"Katur Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro [untuk BPH Kusumo Bimantoro]," ucap Mandiyo Priyo mengawali akad nikah.

"Nggih Maniro [ya saya]," jawabnya.

"Maniro nikahake kaliyan purbo maniro pawestri inkang sesilih Maya Lakshita Noorya dhumateng Panjengenan Dalem, Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro bin Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam Ingkang Jumeneng Kaping Sedoso kanthi mas kawin seperangkat pirantos salat lan Al Quran ingkang kabayar kenceng [Saya nikahkan kamu dengan anak saya Maya Lakhsita Noorya untuk BPH Kusumo Bimantoro bin KGPAA Pakualaman X dengan mas kawin seperangkat alat shalat dan Al Quran dibayar tunai]," ucapnya.

"Maniro tampi nikahe Maya Lakhsita Noorya binti Madiyo Priyo dhumateng maniro inggih Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro bin Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam Ingkang Jumeneng Kaping Sedoso kanthi mas kawin kasebat kabayar kenceng [saya terima nikahnya Mata Lakhsita Noorya bin Mandiyo Priyo untuk saya BPH Kusumo Bimantoro bin KGPAA Pakualaman X dengan mas kawin tersebut dibayar tunai]," jawab BPH Kusumo Bimantoro.

Setelah ritual akad nikah selesai, BPH Kusumo Bimantoro kembali berjalan keluar dari Masjid Kagungan Ndalem menuju ke istana Puro Pakualaman dengan pengawalan prajurit Pakualaman serta kerabat Puro Pakualaman sekitar pukul 08.00 WIB. Setelah akad nikah selanjutnya akan berlangsung upacara panggih temanten pada pukul 10.00 WIB di Bangsal Sewatama, Puro Pakualaman.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement