Dana Cekak, Objek Wisata Cantik Ini Mangkrak

Sendang Ngembel. - Harian Jogja
09 Januari 2019 14:20 WIB Rahmat Jiwandono Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Mulai dilirik banyak wisatawan menuntut Sendang Ngembel, salah satu objek wisata di Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul mendesak untuk dikembangkan. Sayangnya, rencana pengembangan objek wisata yang dibuka sejak empat tahun silam itu masih terkendala dana.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Annihayah mengatakan pihaknya cukup kewalahan menerima proposal dari berbagai desa yang mengajukan desanya untuk dijadikan desa wisata. Dengan demikian banyaknya proposal yang masuk membuat anggaran belum mampu mencukupi semua proposal.

Begitu pula soal Sendang Ngembel, Dispar Bantul diakui dia selalu mengadakan pertemuan sekali dalam setahun dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sendang Ngembel. Namun demikian, dia menyatakan pengembangan Sendang wisata untuk saat ini belum mengarah kepada bangunan fisik.  “Anggaran yang kami miliki terbatas jadi harus satu persatu,” kata dia kepada wartawan, Selasa (8/1/2018).

Ketua Pokdarwis Sendang Ngembel, Jiriyanto mengatakan pengembangan Sendang Ngembel memang terkendala oleh beberapa hal. “Salah satunya, dari 2017 sampai 2018 kami selalu terkendala lahan untuk pengembangan wisata di Sendang Ngembel,” kata Jiriyanto.

Untuk itu, kata dia, Pokdarwis belum bisa berbuat banyak. Terlebih anggaran yang ada pun diakui dia sangat terbatas.

Dia mengatakan, Pokdarwis sempat mengusulkan untuk menyediakan fasilitas perahu bebek, namun tidak mendapat izin dari juru kunci. “Selain juru kunci, Kepala Dusun [Beji Wetan] juga tidak mengizinkan,” ucap Jiriyanto.

Secara keseluruhan, realisasi pendapatan retribusi wisata Bantul tahun lalu memang meningkat ketimbang tahun sebelumnya. Berdasarkan data Dispar Bantul, dari target sebesar Rp26,2 miliar, realisasi pendapatan yang berhasil dipungut oleh Dispar Bantul sebesar Rp29 miliar dengan angka kunjungan total mencapai lebih dari 3,6 juta orang.